Bagian Ayam Dan Manfaatnya (Part 9)

Fimela diperbarui 16 Okt 2014, 21:39 WIB

Hampir semua bagian ayam memang bisa kita konsumsi. Dengan cara masak yang baik, maka ayam adalah makanan yang bisa dinikmati oleh siapa saja dan kapan saja.

Kalau sebelumnya kita sudah membahas tentang bagian hati dan ampela ayam, maka sekarang kita akan membahas bagian yang lainnya, yaitu usus.

Selama ini banyak orang yang kurang menyukai usus ayam. Padahal sebenarnya, di bagian ini terdapat kandungan nutrisi yang cukyp baik.

Usus ayam bisa dimanfaatkan sebagai bahan obat untuk beberapa jenis penyakit. Salah satunya adalah beser, wasir dan beberapa masalah lainnya. Kalau dibandingkan, usus ayam jantan ternyata mememiliki manfaat pengobatan yang lebih baik daripada ayam betina.

Usus ini juga bisa dimanfaatkan sebagai banyak bahan masakan. Mulai dimasak dengan kuah, hingga dijadikan sate atau keripik. Semua memberikan manfaat yang sama besar untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Yang harus kita perhatikan adalah proses pengolahannya. Sebelum memasaknya, kita harus memastikan bahwa usus yang kita olah sudah dibersihkan dengan seksama.

Selain itu, kita juga harus memperhatikan cara merebus dan kemudian memasaknya. Karena kalau semua step tidak dilakukan dengan sempurna, maka rasa usus akan terasa amis dan tidak lezat. Tapi kalau dimasak dengan benar, maka ia akan memberikan sensasi gurih pada lidah.


Oleh: Rana Arinda

(vem/ver)
What's On Fimela