Infeksi Trichomoniasis

Fimela diperbarui 13 Agu 2014, 14:38 WIB

Ada banyak infeksi yang bisa menular melalui hubungan seksual. Salah satunya adalah infeksi trichomoniasis. Infeksi ini disebabkan oleh protozoa atau binatang bersel satu yang bernama trichomona. Penyakit ini bisa menyebar melalui penetrasi, berbagi alat seks, atau masturbasi yang dilakukan secara berpasangan.

Gejala dari penyakit ini jarang sekali terlihat terutama pada kaum lelaki. Sebagaimana dilansir dari situs plannedparenthood.org, trichomoniasis terjadi pada kaum lelaki gejalanya hanyalah keluarnya cairan aneh melalui saluran kemih dan keinginan untuk buang air kecil yang terus menerus. Biasanya disertai dengan rasa nyeri dan panas.

Bagi wanita, gejala yang ditimbulkan lebih banyak seperti munculnya bau yang tidak nikmat, keluarnya darah, muncul rasa gatal pada daerah di sekitar Miss V, bengkak pada paha bagian dalam dan keinginan untuk buang air kecil yang tinggi.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mencegah menularnya penyakit ini. Yang pertama tentu anda harus absen atau berhenti sejenak dari aktivitas seksual. Selanjutnya jika anda masih ingin melakukan hubungan intim maka gunakanlah kondom bagi wanita dan laki-laki.

Penyakit ini masih bisa diobati jika anda segera memeriksakannya pada klinik atau rumah sakit di tempat anda. Jangan pernah malu untuk mengkonsultasikannya dengan dokter. sebab tidak ada orang yang benar-benar mengharapkan penyakit. Penyakit tersebut terjadi di luar keinginan Anda.

 

Oleh: Muhammad hilmy

(vem/riz)
What's On Fimela