Masalah Hermaprodit

Fimela diperbarui 13 Agu 2014, 14:31 WIB

Ladies, pernahkah Anda mendengar istilah hermaprodit? Mungkin pada awal Anda mendengarnya, Anda teringat pada istilah biologis pada tumbuhan. Namun ladies, ternyata manusia pun ada yang dikatakan hermaprodit.

Menurut health24.com, hermaprodit adalah keadaan di mana seseorang memiliki karakteristik seksual laki-laki dan perempuan. Ada 3 tipe hermaprodit, true, male pseudo, dan juga female pseudo. True hermaprodit merupakan seseorang yang memiliki jaringan ovary dan testicular.

Organ seksualnya bisa jadi sepenuhnya lelaki atau wanita. Female pseudo artinya orang tersebut memiliki kromosom XX dengan organ internal wanita yang normal tapi dengan organ seksual pria. Sementara, male pseudo adalah keadaan dimana seseorang lahir dengan kromosom XY. Misalnya saja orang tersebut memiliki testis namun tersembunya pada rongga perut dan organ seksualnya wanita.

Sekarang sering sekali ditemukan kasus bayi terlahir hermaprodit di seluruh dunia. Seiring dengan itu, komunitas medis di Amerika juga telah mengembangkan kemampuan dan alat-alat operasi untuk mengatasi masalah organ seksual yang tidak normal tersebut.

Operasi tersebut semakin lama seperti semakin menjadi rutinitas saja sebab selalu ditemukan 1 dari 2000 bayi yang lahir pasti mengalami masalah ini. Tapi sekarang, para ahli menyarankan jika ingin melakukan operasi tersebut, tunggulah anak tadi sampai dewasa dan memilih sendiri, jadi bukan hanya karena orang tua yang meminta anaknya dioperasi apalagi itu ketika masih bayi.

 

Oleh: Fadhila Eka Ratnasari

(vem/riz)
What's On Fimela