Infeksi Jamur pada Miss V

Fimela diperbarui 13 Agu 2014, 14:26 WIB

Ada banyak sekali jenis penyakit seksual yang dapat menimpa seseorang, salah satunya adalah infeksi jamur pada Miss. V. infeksi ini biasanya berupa iritasi pada Miss. V dan di daerah sekitar vulva. Infeksi ini disebabkan oleh tumbuhnya jamur candida albicans.

Menurut womenshealth.gov, infeksi ini sebenarnya sudah umum, sekitar 75% wanita pernah dijangkiti. Untuk gejalanya, biasanya diawali dengan rasa gatal yang teramat sangat pada Miss. V, ada semacam luka bakar memerah dan sedikit bengkak pada Miss. V dan vulva, rasa sakit ketika buang air kecil, sakit ketika melakukan hubungan suami istri, rasa nyeri, muncul jamur berwarna seperti keju pada Miss. V, dan bintik-bintik kecil pada Miss V.

Penyebab seseorang terserang infeksi ini ada bermacam-macam. Mulai dari karena stres, kurang tidur, penyakit bawaan, pola makan tidak teratur (termasuk makan terlalu banyak gula), saat hamil, saat menstruasi, mengkonsumsi pil KB atau antibiotik, perubahan hormon, dan lain-lain.

Infeksi ini dapat disembuhkan dengan menggunakan obat anti jamur salam bentuk krim, tablet, atau salep yang dioleskan pada Miss. V. terkadang dokter juga akan memberikan resep untuk obat fluconazole, tapi jangan konsumsi obat ini jika anda sedang hamil.

Gunakanlah obat-obat di atas jika Anda benar-benar terkena infeksi jamur ini, namun jika anda tidak terjangkit infeksi ini dan mengkonsumsi obat-obat tersebut, itu dapat membuat Anda semakin sulit diobati ketika nantinya memang terserang infeksi ini.

 

Oleh: Fadhila Eka Ratnasari

(vem/riz)
What's On Fimela