Yuk Mengenal Jenis Obat Langsing (II)

Fimela diperbarui 23 Jun 2014, 19:49 WIB

Selain dibedakan berdasarkan cara kerjanya, obat langsing juga dibedakan berdasarkan apakah obat tersebut diberikan dengan resep dokter atau tidak.

Beberapa jenis obat langsing, seperti Meridia dan Xenical masuk dalam golongan obat langsing yang harus diberikan dengan resep dokter alias prescription. Obat langsing yang termasuk jenis prescription benar-benar dikontrol oleh dokter penggunaannya.

Selanjutnya, jenis over-the-counter. Seperti dikutip dari laman health.howstuffworks.com, jenis yang kedua ini merupakan kebalikan dari jenis obat langsing prescription. Jadi, anda bisa mendapatkannya secara bebas di apotik maupun supermarket. Konsumsinya pun juga tidak perlu berdasarkan resep dokter.

Yang terakhir adalah herbal diet supplement. Jenis produk pelangsing yang satu ini juga tidak perlu berdasarkan resep dokter. Ladies bisa mendapatkannya secara bebas di apotik maupun supermarket. Yang perlu digarisbawahi adalah bahwa herbal diet supplement tergolong dalam kategori makanan, bukan obat. Oleh karena itu, regulasinya berbeda dengan regulasi obat-obatan langsing lainnya.

Selain kedua kategori tersebut, obat langsing juga dikategorikan berdasarkan bentuknya, apakah termasuk liquid (cairan) atau powder (bubuk).

Terutama obat-obatan langsing yang dijual secara bebas dan tanpa resep dokter, anda harus lebih berhati-hati terhadap efek sampingnya. Pasalnya, meskipun terdapat label “herbal” pada kemasan obat, tidak berarti bahwa obat langsing tersebut 100% aman untuk dikonsumsi.

Oleh : Pravianti

(vem/ver)
What's On Fimela