Hepatitis A, Penyakit Anak Balita yang Mungkin Menyerang

Fimela diperbarui 24 Mei 2014, 10:22 WIB

Karena sistem kekebalan tubuhnya yang masih rentan, anak balita tentu akan memiliki potensi untuk terserang berbagai penyakit. Salah satu penyakit anak balita yang mungkin menyerang adalah hepatitis A. Berikut pembahasan mengenai penyakit hepatitis A sesuai langsiran dari laman nhs.uk.

Hepatitis A sebenarnya merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang menyerang hati. Penyakit ini mungkin sangat jarang ditemui di negara maju seperti Inggris, namun penyakit ini sangat umum diderita oleh anak balita yang tinggal di negara berkembang seperti negara-negara di Asia, Afrika, dan Amerika Latin.

Penyakit ini disebabkan oleh virus hepatitis A. Virus ini pada umumnya akan menyebar melalui kotoran atau feces. Ketika anak Bunda hendak memakan sesuatu, pastikan makanan tersebut higienis. Makanan yang telah terkontaminasi oleh feces dari orang yang terserang penyakit hepatitis A, akan menyebabkan anak Bunda juga terserang oleh virus tersebut jika ia memakannya.

Penyakit anak balita ini memiliki gejala yang hampir sama dengan flu. Gejala tersebut seperti demam ringan dengan suhu tubuh mencapai 39.5 C, sakit pada beberapa anggota tubuh seperti leher, pinggang dan gejala lainnya. Namun apabila virus yang menyebabkan hepatitis A telah menginfeksi hati anak Bunda, maka gejala yang ditimbulkan sedikit berbeda.

Anak Bunda akan mengalami perubahan warna pada mata dan kulitnya. Kulit dan mata anak Bunda akan berwarna menjadi kuning. Gejala lainnya yang dapat terlihat adalah anak Bunda mengeluarkan urine yang berwarna gelap ketika buang air kecil, sakit pada abdominal dan kulit menjadi gatal.

Oleh : Yuan Sabastian F

(vem/ver)
What's On Fimela