Cara Turunkan Demam pada Anak tanpa Obat

Fimela diperbarui 16 Mei 2014, 16:10 WIB

Seorang ibu tidak pernah mengabaikan demam pada anak. Namun Moms, jika cara peduli padanya adalah dengan menyodorinya berbagai macam obat kimia, maka sebaiknya Anda mulai memikirkan cara yang lebih aman dan bebas efek samping. Salah satunya adalah dengan mengetahui cara turunkan demam tanpa obat.

Moms, pihak medis selalu menyarankan siapapun untuk hidup sehat, mulai dari makanan, waktu istirahat, waktu bekerja, hingga waktu bersenang-senang harus diperhatikan. Hal tersebut tentu untuk membantu mencegah Anda dari mengonsumsi obat-obatan yang umumnya berbahan dasar kimia.

Nah Moms, jika orang dewasa saja disarankan untuk tidak terlalu banyak minum obat, lalu mengatasi demam pada anak pun seharusnya tidak melulu dengan obat. Berdasarkan langsiran oleh laman babycenter.com, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk bantu turunkan demam anak tanpa dengan obat.

1# Kompres dahi anak Anda dengan handuk kompres yang telah direndam dengan air dingin. Jika khawatir membuat anak Anda tidak nyaman dengan kompresannya, jangan mulai mengompres saat dia sudah terlelap, namun mulailah ketika ia masih mencoba tidur.

2# Esok paginya, tawarkan apakah ia ingin mandi. Jika ia memilih mandi, campurlah air dingin dengan air panas hingga menjadi hangat. Atau jika ia masih tidak ingin mandi, usapi saja badannya dengan handuk kecil.

3# Beri ia banyak cairan untuk menggantikan cairan dalam tubuhnya. Tidak perlu harus dengan air putih, Anda juga bisa memberinya yogurt.

4# Terakhir Moms, tetap berada di sampingnya. Buat ia nyaman hingga lupa akan rasa panas pada demamnya.

Oleh: Kamilah

(vem/ver)
What's On Fimela