Bahaya Demam pada Anak

Fimela diperbarui 16 Mei 2014, 16:09 WIB

Bunda, bersikap selalu waspada memang penting untuk tetap siaga terhadap hal-hal yang akan terjadi, baik buruk maupun baik. Waspada terhadap demam pada anak juga penting ya, Bunda, sebab ternyata meskipun hanya sebatas demam, ia juga bisa menandakan hal berbahaya lainnya.

Sebenarnya Bunda, secara medis demam merupakan pertanda baik karena sistem kerja tubuh dapat berjalan sebagaimana seharusnya. Demam pun terjadi karena adanya gangguan dari luar seperti adanya infeksi sehingga suhu tubuh akan menjadi tinggi untuk melindungi tubuh dari hal yang semakin buruk.

Namun Bunda, Anda pun pasti telah mengerti tentang suhu normal dan batas suhu tinggi untuk seusia anak Anda. Batasan suhu tinggi akan digunakan oleh dokter sebagai panduan terhadap penanda penyakit lainnya. Selain itu, penting juga bagi Anda untuk menengarai setiap perubahan yang terjadi pada anak Anda selama demam menyerangnya.

Demam yang sangat tinggi bisa sangat berbahaya, yakni bisa menyebabkan kerusakan pada otak. Hal ini bisa ditandai dengan gejala seperti ayan atau kejang pada anak Anda. Sebagaimana langsiran laman wellnessmama.com, pada suhu 104 derajat Fahrenheit, sebaiknya segera dibawa ke dokter.

Selain itu, dehidrasi pun bisa terjadi saat demam, bahkan ada beberapa yang menunjukkan gejala seperti diare atau susah tidur. Nah, sebagai seorang ibu sebaiknya Anda bisa dengan detail mencatat gejala demikian agar mempermudah diagnosa penyakit pada anak Anda.

Oleh: Kamilah

(vem/ver)
What's On Fimela