Cara Membentuk Otot: Fokus pada Latihan Kekuatan (II)

Fimela diperbarui 25 Apr 2014, 18:28 WIB

Di artikel sebelumnya telah diulas dampak positif melakukan latihan kekuatan dan jenis-jenis latihan kekuatan yang bisa Anda lakukan. Berikut ini informasi lain seputar cara membentuk otot dengan fokus pada latihan kekuatan.

Seperti dilangsir dari laman poliquingroup.com, ternyata laki-laki dan perempuan mempunyai cara membakar dan menyimpan lemak yang berbeda lho Ladies.

Perempuan lebih banyak menggunakan lemak sebagai bahan bakar dibandingkan laki-laki saat berlatih di tempat fitness. Hal ini menjadikan latihan sebagai hal yang esensial apabila Anda ingin menghilangkan lemak di dalam tubuh Anda Ladies.

Kemudian, perempuan menyimpan lemak persis di bawah kulit sedangkan laki-laki menyimpan lemak di tempat yang lebih dalam. Perempuan mudah menghilangkan lemak di bagian tubuh atas, tapi sedikit sulit untuk menghilangkan lemak di bagian tubuh bawah.

Kesulitan tersebut disebabkan perempuan menyimpan lemak secara alami di bagian tubuh bawah untuk mempersiapkan kehamilan. Bagian tubuh bawah juga memiliki reseptor alpha yang lebih banyak, yang menghambat penghilangan lemak.

Untuk membakar lemak di bagian tubuh bawah tersebut, para peneliti menyarankan perempuan untuk melakukan latihan anaerobik, atau latihan yang berfokus pada latihan kekuatan. Perempuan yang melakukan latihan anaerobik mampu membakar lemak jauh lebih banyak dibandingkan perempuan yang melakukan latihan aerobik.

Latihan kekuatan yang berfokus pada bagian tubuh bawah ini ada bermacam-macam, contohnya squat, deadlift, dan step up.

Segera masukkan latihan kekuatan di rencana fitness Anda ya Ladies!


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)
What's On Fimela