Ingin Anak Anda Sukses? Beri ASI Saja Mulai Bayi

Fimela diperbarui 22 Jul 2013, 14:56 WIB

Ibu masih memberikan ASI untuk adik bayi? Atau dulu saat anak Ibu masih bayi, ANda rutin memberinya ASI? Wah itu bagus Bu. Perlu dicontoh oleh Ibu-ibu lainnya karena manfaatnya tidak hanya pada kesehatannya, tapi ada juga manfaat sosial bagi anak. Apakah itu?

Menurut sebuah penelitian yang dilansir medicalnewstoday.com, memberikan ASI tidak hanya baik bagi kesehatan si bayi tapi juga bisa meningkatkan status sosialnya saat ia dewasa nanti. Hasil penelitian ini telah dipublikasikan di Archives of Disease in Childhood.

Penelitian ini melibatkan 17.419 orang yang lahir pada tahun 1958 dan 16.771 orang yang lahir pada tahun 1970. Ibu-ibu yang menjadi sukarelawan ditanyai apakah mereka menyusui anaknya.

Lalu para ahli mengidentifikasi status sosial ayah saat mereka berumur 10 tahun dan membandingkan saat mereka telah berumur 33 tahun. Mereka membagi kelompok sosial status dari yang tidak berpengalaman atau berpendidikan sampai pekerja profesional.

Beberapa faktor penentu juga diperhitungkan dalam penelitian ini seperti perkembangan kognitif dan nilai pada tes yang mengukur tingkat stres, dimana tes tersebut dilakukan pada umur 10 tahun.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bayi yang minum ASI minimal 6 bulan memiliki nilai yang lebih tinggi pada tes akademik saat mereka berumur 10 tahun jika dibandingkan dengan bayi yang tidak minum ASI atau minum ASI kurang dari 6 bulan.

Jadi, kalau ibu ingin anaknya sukses saat ia dewasa nanti, beri ASI saja.


Oleh: Agit Diyanita

(vem/tyn)