ASI Mudah Dicerna Bayi dan Bergizi Tinggi

Fimela diperbarui 22 Jul 2013, 14:35 WIB

Air susu ibu secara natural merupakan sumber gizi utama bayi Anda. Karena merupakan sumber alami, ASI pasti memiliki kandungan penting yang dibutuhkan oleh bayi. Selain itu, ASI juga mudah dicerna oleh bayi, sebagaimana dikutip dari kidshealth.org.

ASI sering dijuluki sebagai ‘makanan sempurna’ bagi sistem pencernaan bayi. Komponen ASI pun juga penuh gizi, kaya akan laktosa, protein, dan lemak yang dibutuhkan bayi untuk proses tumbuh kembangnya. Bukan hanya itu saja, semua kandungan tersebut sangat mudah dicerna oleh sistem pencernaan bayi yang notabene masih belum berkembang sempurna.

Bayi yang diberikan ASI secara eksklusif jarang mengalami beberapa masalah pencernaan dibandingkan mereka yang diberi asupan susu formula. Sedikit sekali tendesi munculnya penyakit diare atau konstipasi pada bayi dengan asupan ASI eksklusif.

Terlebih lagi, air susu ibu tidak hanya mengandung protein dan lemak baik. ASI juga mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Seorang ibu yang sehat tidak memerlukan tambahan suplemen vitamin atau mineral untuk meningkatkan kualitas ASI karena pada dasarnya, kandungan ASI sudah lengkap.

Hanya saja khusus untuk vitamin D, Anda harus menambah asupan vitamin D melalui suplemen karena Anda tidak dianjurkan untuk terkena paparan sinar matahari langsung terlalu lama. Karena itulah Anda harus meningkatkan kandungan vitamin D dengan cara meminum suplemen atau mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin D.

Oleh: Wahyu Wienanda

(vem/tyn)
What's On Fimela