Jantung Jadi Sehat Berkat Menyusui

Fimela diperbarui 21 Jul 2013, 19:14 WIB

Sudah lama kita tahu kalau menyusui itu baik bagi ibu dan bayi. Tapi, percayakah Ibu kalau menyusui bisa membuat jantung Anda sehat? Kalau belum, simak saja hasil dari penelitian terkait, seperti yang diulas di naturalnews.com.

Penelitian yang dilakukan oleh University of Pittsburgh menunjukkan bahwa menyusui dapat melindungi wanita dari penyakit jantung, serangan jantung dan stroke. Mereka yang menyusui selama 1 tahun atau lebih memiliki 10% resiko lebih rendah untuk terkena berbagai gangguan jantung seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Dr. Eleanor Bilma Schwarz, peneliti dan penulis studi tersebut, mengatakan bahwa penyakit jantung itu salah satu penyebab terbesar kematian pada wanita. Jadi, sangat penting bagi kita untuk mengetahui cara menjaga kesehatan tubuh kita.

Hasil lainnya juga mengungkapkan bahwa walaupun menyusui hanya dalam 1 bulan sudah bisa mengurangi resiko diabetes, tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi, dimana kesemuanya itu bisa mengarah ke penyakit jantung. “Semakin lama seorang ibu menyusui, semakin baiklah kondisi kesehatannya baik itu untuk ibu maupun bayinya dalam jangka waktu yang lama”, jelas Dr. Schwarz.

Dr. Schwarz telah lama melakukan penelitian tentang menyusui dan hasil sebelumnya menunjukkan bahwa menyusui menghindarkan wanita dari kanker payudara dan rahim. Sekarang, ia juga telah membuktikan bahwa menyusui bisa mencegah penyakit jantung.

Oleh: Agit Diyanita


(vem/sfg)