Menyusui Tingkatkan Imunitas Bayi Dari Infeksi

Fimela diperbarui 21 Jul 2013, 01:55 WIB

Memberi ASI kepada si kecil dapat memberikan berbagai dampak baik bagi pertumbuhannya. Naturalnews.com juga mengabarkan bahwa ASI ternyata bisa meningkatkan imunitas si kecil, lho.

Bayi yang diberi ASI eksklusif selama enam bulan pertama memiliki resiko lebih sedikit untuk terjangkit infeksi dibandingkan dengan bayi yang diberi susu formula. Bahkan bayi yang menyusu ASI lebih jarang sakit jika terkena infeksi bakteri atau virus.

Sebuah riset yang mengamati 926 ibu beserta bayinya selama 12 bulan pertama berusaha mendata infeksi dan kebiasaan memberikan ASI. Semua peserta riset medapatkan akses yang sama terhadap pelayanan kesehatan yang baik.

Dari studi tersebut, 91 bayi diberi ASI eksklusif selama enam bulan pertama. Bayi-bayi tersebut jarang terkena infeksi pada tahun pertama mereka daripada teman seumuran yang diberikan susu formula dari botol, ataupun kelompok bayi yang diberi asupan ASI dan susu formula secara bergantian.

Selain itu, ketika bayi dengan asupan ASI eksklusif terkena infeksi, penyakit yang timbul tidak lebih parah dibandingkan dengan bayi dari kelompok lainnya. Melihat hasil studi ini, para ibu disarankan untuk memberikan ASI eksklusif kepada si kecil selama setidaknya enam bulan pertama.

Anda tidak perlu malu menyusui di tempat umum jika memang dibutuhkan. Jika Anda harus bekerja, Anda dapat memeras ASI menggunakan pemompa ASI dan menyimpannya dalam botol daripada memberikan susu formula pada si kecil. Dengan begini Anda tidak perlu terlalu khawatir terhadap infeksi yang mungkin muncul pada si kecil.

Oleh: Wahyu Wienanda

(vem/rsk)