Resep Unik: Bacon Daging Kelapa Vegetarian

Fimela diperbarui 06 Jul 2016, 07:57 WIB

Jika menyebut kata 'bacon', yang ada dalam pikiran kita adalah daging ayam, daging sapi atau daging babi yang diolah dengan cara diasap. Rasa bacon yang khas dengan kegaringannya yang sempurna, membuat olahan daging ini jadi favorit di seluruh penjuru dunia.

Karena bahan dasarnya yang umumnya adalah daging, maka bacon bukanlah makanan yang 'ramah' bagi para vegetarian. Eh, tapi jangan salah lho. Ternyata para vegetarian juga bisa menyantap bacon yang sama sekali tidak mengandung babi. Ini resepnya yang dilansir dari lama cookieandkate.com, Bacon Daging Kelapa:

Bahan:

3 cangkir besar daging kelapa yang dikerok (bukan diparut)

3 sendok makan kecap asin

2 1/2 sendok makan liquid smoke (bisa dibeli di toko bahan-bahan makanan)

1 1/2 sendok makan sirup maple

Cara Membuat:

  1. Panaskan oven pada suhu 176 derajat Celcius.
  2. Lapisi loyang dengan kertas parchment.
  3. Campurkan daging kelapa dengan kecap asin, liquid smoke dan sirup maple. Aduk hingga bumbu melapisi daging kelapa dengan merata.
  4. Sebarkan daging kelapa di atas loyang dan masukkan ke dalam oven selama 12 hingga 14 menit, tergantung tingkat kerenyahan yang diinginkan. Balikkan daging kelapa dan panggang sekitar 2-4 menit lagi.
  5. Bacon daging kelapa ini akan perlahan menjadi renyah saat suhunya sudah turun.

Simpan bacon daging kelapa ini di dalam wadah kedap udara. Jika disimpan di dalam freezer, dapat bertahan hingga beberapa bulan.

Kamu bisa membuat aneka hidangan lezat non-daging dengan bacon daging kelapa buatan sendiri ini deh. Selamat mencoba!

(vem/wnd)
What's On Fimela