Diduga Kelelahan Mengangkut Turis, Gajah Usia 40 Tahun Ini Mati

Fimela diperbarui 14 Mar 2015, 14:00 WIB

Hewan juga makhluk hidup yang perlu kita jaga dan perhatikan. Mereka pun punya batas kemampuan dan bisa lelah juga. Jika kita terlalu mengeksploitasi tenaga mereka, mereka pun bisa kolaps dan mati.

Baru-baru ini seekor gajah di Vietnam tewas dan mati. Dilansir dari thedodo.com, gajah jantan berusia 40 tahun tersebut diduga kelelahan karena "kelebihan beban kerja" sebagai gajah pengangkut para turis. Duh, kasihan sekali ya.

Gajah-gajah di Asia usianya bisa mencapai 60 tahun bahkan lebih. Di negara Vietnam bagian selatan, ada sekitar 50 ekor gajah yang sengaja dilatih untuk menjadi gajah pemandu yang mengangkut para turis berkeliling. Para turis harus membayar sejumlah uang untuk bisa merasakan sensasi naik gajah di alam terbuka.


Atraksi naik gajah sudah menjadi atraksi populer di Asia Tenggara. Bahkan industri pariwisata ada yang tega mengambil paksa anak gajah dari alam liar dan menjinakkannya agar menjadi gajah jinak yang bisa dipekerjakan sebagai gajah pengangkut turis.

Di hari yang terik dan panas, gajah pun bisa dehidrasi dan kepanasan. Ada juga yang dipaksa tetap bekerja dan hanya diberi waktu sebentar untuk beristirahat.

Ladies, informasi ini sekiranya bisa jadi membuka mata kita semua untuk lebih bertanggung jawab dengan lingkungan sekitar dan hewan-hewan di sekitar kita. Semoga kejadian ini tak terulang lagi atau terjadi di tempat lain.

 
 
 
(vem/nda)

Tag Terkait