Hemat Listrik, Kurangi Biaya Tagihan

Fimela Editor diperbarui 21 Okt 2011, 03:59 WIB
2 dari 5 halaman

Next

Kurangi aktivitas elektrik

Nggak bisa dipungkiri bahwa, untuk masyarakat perkotaan, hampir sebagian besar peralatan yang digunakan di rumah menggunakan energi listrik, mulai dari TV, lampu, mesin cuci, kipas angin, AC, hingga blender. Saat barang-barang elektronik rumah nggak digunakan, sebaiknya jangan menghubungkan alat tersebut dengan sumber listrik.

Ternyata, sekitar 20% pemakaian listrik terjadi saat alat-alat elektrik dalam keadaan stand by. Nah, dengan memutuskan aliran listrik pada alat-alat yang nggak digunakan, bisa memangkas biaya pemakaian listrik dan tentunya mengurangi emisi karbon yang dilepaskan ke udara.

What's On Fimela
3 dari 5 halaman

Next

Faktanya

Sebuah penelitian di Amerika menunjukkan bahwa sebanyak 60% pemakaian listrik rumah tangga digunakan untuk alat-alat elektronik, seperti TV, radio, dan kulkas, serta penerangan, dan 16% pemakaian listrik digunakan untuk AC. Persentase yang cukup besar untuk pemakaian AC.

4 dari 5 halaman

Next

Cerdas memilih penerangan dan peralatan listrik

Untuk penerangan di rumah, alih-alih menggunakan bohlam, sebaiknya gunakanlah lampu TL. Dari segi harga, lampu bohlam memang jauh lebih murah dari lampu TL. Tapi, untuk kualitas cahaya, lampu bohlam jauh lebih redup dari lampu TL dan memakan energi listrik lebih banyak, serta kualitas usia pun lebih pendek dari lampu TL.

Selain cerdas memilih penerangan rumah, tentunya kita juga harus cerdas memilih peralatan listrik yang akan digunakan di rumah. Saat ini sudah banyak produsen barang elektronik yang mengeluarkan produk-produk ramah lingkungan yang hemat listrik dan pastinya akan berdampak besar pada biaya tagihan listrik bulananmu.

5 dari 5 halaman

Next

Siasati penggunaan alat-alat listrik

Setelah memilah alat-alat elektrik yang akan digunakan di rumah, kita juga bisa mengakali penggunaan barang-barang tersebut sehari-hari. Misalnya saja, untuk penggunaan lampu, pada siang hari sebaiknya matikan seluruh lampu di rumah.

Optimalkan penerangan dari cahaya matahari di luar rumah, buka semua ventilasi udara supaya matahari dan udara di luar bisa leluasa masuk ke dalam rumah. Selain bisa menghemat penggunaan lampu, tentu kita juga nggak perlu menyalakan AC dan kipas angin saat sirkulasi udara sangat lancar pada siang hari, bukan?