Sering Bawa Pekerjaan Ke Tempat Tidur? 4 Jenis Penyakit Siap Mengintai

Fimela Editor diperbarui 27 Nov 2012, 04:59 WIB
Salah satu penyebab yang mendatangkan penyakit akhir-akhir ini ada masalah gaya hidup yang di dalamnya termasuk tingkat stres. “Selain karena faktor genetik, yang menimbulkan penyakit-penyakit berat saat ini adalah soal gaya hidup tidak sehat. Dan jangan salah, berbicara tentang gaya hidup bukan hanya bicara masalah makan sehat atau olahraga tetapi juga tentang tingkat stres dan waktu istirahat seimbang,” ujar dr. Samuel Oetoro, Sp. G. K.
Depresi Membawa pekerjaan ke rumah saja sudah harus dihidari, apalagi kalau sampai membawa pekerjaan ke tempat tidur. Istirahat malam dengan tekanan pekerjaan tinggi tidak jarang membuat kita tidak nyenyak saat beristirahat. Bangun tidur tetap dengan rasa lelah ditambah dengan tumpukan pekerjaan yang kita lihat di samping ketika kita membuka mata bisa menimbulkan tingkat stres tersendiri yang bisa menjurus ke arah depresi jika dibiarkan.
Diabetes Diabetes memang lebih banyak disebabkan karena faktor genetik. Tapi, tidur bersama tumpukan pekerjaan kantor bisa menimbulkan tingkat stres yang bisa menuntun kamu pada penyakit diabetes. “Banyak orang yang beranggapan bahwa makanan manis bisa mengurangi stres karena itulah mereka mengonsumsi berbagai makanan manis tanpa aturan dengan harapan bisa mengurangi stres. Padahal yang sebenarnya mereka sedang menumpuk risiko diabetes di kemudian hari,” dr. Samuel kembali menjelaskan.
Obesitas Pernahkah kamu merasa sangat lapar menjelang tengah malam? Atau terkadang rasa lapar terasa menjadi-jadi ketika kamu tidur agak larut? “Yang membuat berat badan bertambah adalah ketika masih terjaga saat tubuh harus beristirahat. Makan malam terakhir sebaiknya dilakukan jam 6, tapi pada kenyataannya banyak juga yang bekerja hingga larut dan tentunya ini akan mengundang rasa lapar. Mereka yang tidak memerhatikan makanan yang diasup pada saat-saat rawan inilah yang bisa membuat mereka kelebihan berat badan,” Dr. dr. Luci, MS, Sp. G. K., menjelaskan.
Kanker Tidak ada orang yang mau bersentuhan dengan penyakit mematikan yang satu ini. Jangan remehkan tingkat stres yang timbul akibat pekerjaanmu, terlebih jika kamu sering membawa urusan kantor ke tempat tidur. “Mereka yang paling berisiko terkena penyakit kanker memang mereka yang punya riwayat keluarga. Tapi, gaya hidup tidak sehat yang dijalani, termasuk di dalamnya kurang waktu istirahat dan tingkat stres tinggi juga bisa membawa kita menuju penyakit mematikan ini,” dr. Ramadhan, Sp.B.Onk, menjelaskan