Tahun 2012, Film Asia Berjaya di Layar Lebar

Agus Purwanto diperbarui 11 Jan 2012, 04:22 WIB
Postcard From The Zoo – IndonesiaIndonesia tidak mau kalah dengan rekan-rekan lainnya di industri film Asia. Kali ini, sutradara Edwin yang sebelumnya dikenal lewat film “Babi Buta yang Ingin Terbang”, kembali Berjaya di kancah festival film internasional lewat film terbarunya, “Postcard From The Zoo”. Film ini masuk ke dalam official selection dan akan berkompetisi di Berlinale Film Festival yang siap digelar Februari mendatang. Dengan menggaet dua aktor utama, Nicholas Saputra dan Ladya Cherryl, Edwin menjadi salah satu sutradara yang perlahan-lahan mencoba mengembalikan kepercayaan publik terhadap film produksi lokal. Kabarnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu, memberi dukungan penuh setelah menonton sendiri film ini sebelum diberangkatkan ke Berlin!
The Flowers of War – ChinaDari Asia Timur kali ini ada Zhang Yimou yang juga menjadi pesaing Edwin dalam kompetisi di Berlinale Film Festival mendatang. Film "The Flowers of War" mengisahkan seorang pendeta yang diperankan oleh Christian Bale, yang berada di tengah-tengah kota Nanjing tahun 1937 saat terjadi pembantaian besar-besaran. Di China sendiri, meskipun sempat mengalami kontroversi sepanjang proses syutingnya, sudah berhasil mendapat keuntungan 24 juta USD di minggu pertama. Tahun ini, film ini juga berjuang untuk masuk ke dalam jajaran nominator Best Foreign Movie di Academy Awards setelah dinyatakan masuk dalam nominasi Golden Globe Awards.
Negeri di Bawah Kabut – IndonesiaIndonesia boleh bangga dengan karya sineasnya di penghujung 2011 kemarin. Kali ini, ada film dokumenter dari Shalahuddin Siregar, "Negeri di Bawah Kabut" berhasil menunjukkan taringnya dengan membawa pulang penghargaan khusus dari  Muhr Asia Africa Documentary Awards The 8th Dubai International Film Festival 2011. Meskipun film dokumenter bukanlah genre yang populer di Tanah Air, prestasi ini setidaknya bisa membuat apresiasi penonton dokumenter meningkat, mengingat juri di Dubai berasal dari kalangan kritikus, pelaku industri film terkemuka di seluruh dunia, termasuk The International Federation of Film Critic's.
A Simple Life – Hong KongKalau selama ini kamu akrab dengan Andy Lau di beberapa film laganya, di tahun 2012 ini Lau siap menampilkan aktingnya yang lebih mendalam di film drama, "A Simple Life". Film ini sebenarnya sudah dirilis 2011 lalu, tepatnya di Venice Film Festival. Berkisah tentang Deanie Ip yang bekerja sebagai pekerja rumah tangga yang mengabdi pada satu keluarga selama lebih dari separuh hidupnya dan membesarkan Lau sampai dewasa. Film arahan sutradara Ann Hui ini menjadi ujung tombak Hong Kong yang dipilih untuk mewakili di ajang Academy Awards mendatang setelah "Crouching Tiger Hidden Dragon" menyabet Oscar di tahun 2001.