FIRST LOOK At Paris Fashion Week 2012

Fimela diperbarui 07 Okt 2011, 02:29 WIB
BalenciagaTidak seperti label lain yang cenderung mengikuti tren besar yang ada, Balenciaga selalu menciptakan look sendiri yang membedakan label ini dengan yang lain. Siluet kaku terlihat pada jaket-jaket panjang dengan material metalik menyerupai gaya futuristik, celana dengan potongan high waisted seperti mom’s jeans, blazer dengan siluet kotak, dan untuk evening wear, rok dengan detail hiasan confetti warna gradasi menjadi alternatif segar yang bisa dipilih.
CelineCeline di tangan Phoebe Philo berhasil memberikan definisi baru tentang sleek dressing. Dengan potongan dan juga desain yang straight forward, ternyata seorang perempuan hanya membutuhkan celana pipa dan juga blus minimalis untuk terlihat sophisticated. "We accentuated the bits that felt strong to accentuate, tried to create some new proportions." Kata Phoebe tentang inspirasi untuk koleksi ini. Hasilnya? Aneka outfit klasik dengan proporsi dan dimensi baru, contohnya trench coat dengan lengan bervolume besar, blus detail peplum oversized dan juga aneka tone warna kalem yang ditata geometris.
ChanelTerinspirasi dari keindahan alam bawah laut, Karl Lagerfeld menawarkan koleksi dengan detail yang menyerupai sisik ikan, alur rumput laut dan juga prints dalam warna-warni aquatic yang menyegarkan. Jaket tweed yang ikonik itu mendapat pembaharuan dengan detail cut out pada bagian lengan dalam nuansa palet melankolis.
Christian DiorMasih mencari jati diri selepas ditinggal desainernya, untuk musim semi 2012 Christian Dior kembali ke basic dan mengambil inspirasi dari koleksi terdahulunya. Siluet klasik ala Audrey Hepburn yang cantik seperti jaket-jaket panjang, perpaduan kemeja bahan transparan dengan sweater yang menyegarkan dan juga gaun-gaun panjang andalan Christian Dior melengkapkan koleksi ini.
GivenchyRiccardo Tisci selalu membuat koleksi dengan detail yang sleek, potongan-potongan yang berstruktur, dan detail seperti inilah yang membuat koleksi Givenchy “berteriak” meskipun hadir tanpa prints atau warna cerah lainnya. Detail peplum, jaket kotak, dan celana dengan potongan lurus yang menyerupai body suit menjadi salah satu key items koleksi musim semi mendatang.
HermesPernah membayangkan liburan di negara-negara yang eksotis? Sebut saja laut Mediterania, Moroko, atau Sahara? Begitulah gambaran clientele Hermes. Musim semi 2012 mereka mengambil tema travelling dan membuat koleksi dengan siluet longgar yang tidak mengekang. Gaun tunic, maxi skirt, sleeveless jaket dan perpaduan warna cerah dengan material nyaman yang mewah akan menambah aksi gaya liburan para kaum jetsetter.
Jean Paul GaultierGaya androgini yang cenderung kaku disulap menjadi koleksi yang witty. Sleeves blazer dipadu blus lengan terompet, celana lurus yang digulung, dan rok panjang dengan belahan maksimal dipadu celana merupakan andalan gaya musim depan. Tidak ketinggalan busana motif tattoo khas JPG dan juga lingerie seksi sebagai penutup show ini.
Kanye West"The biggest hurdle I had to face is the celebrity designer or the hip-hop designer concept," begitulah statement dari Kanye sendiri. Nyatanya koleksinya sarat akan gaya berpakaian perempuan hip hop pada umumnya. Dress dengan belahan dada rendah, rok dengan belahan tinggi, baggy pants, elemen hoodie pada jaket, dan juga elemen bling-bling untuk acara formal.
KenzoFun, energetic dan juga quirky menggebrak koleksi perdana tim creative director baru, Leon dan juga Carol Lim. Masih dengan twist dan permainan detail Kenzo yang playful, mereka menabrakan warna menggunakan kain yang berteksur, print-print jenaka yang menyerupai kain sprei anak-anak, dan tidak ketinggalan siluet lebar untuk celana bahan parasut yang sporty.
Lanvin"Power you can buy in a bank, I prefer strength." Gaun draperi melambai yang cantik, flattering silhouette yang compliment lekuk tubuh perempuan perempuan merupakan salah satu keahlian Alber Elbaz. Musim depan dia keluar dari zona kenyamanannya dan membuat koleksi lebih maskulin lewat suguhan jaket, celana, setelan dan kemeja. Untuk memuaskan klien setianya, tersedia juga gaun romantis bahan transparan, juga belahan pada dress atau rok yang bertaburan payet kristal manis.
Louis VuittonSetelah koleksi musim lalu yang nakal, musim semi depan Marc Jacobs membuat koleksi yang sangat girly, feminin, dan sedikit whimsical dengan komidi putar sebagai backdrop panggung fashion show kali ini. Bordir bunga besar, pilihan warna pastel yang lembut dan siluet New Look yang mengaksentuasi lekuk tumbuh perempuan membuat koleksi ini terlihat semakin girly. Tren transparan terlihat pada beberapa aksesori seperti tas, sepatu dan payung dengan logo monogram pastinya.
Miu MiuAdik dari Prada ini membuka koleksinya dengan tampilan ala penjaga perpustakaan yang konseratif. Rok lurus, sepatu pantofel dan pemilihan warna yang basic. Towards the end of the show, outer wear leher Sabrina, dresses dan coat panjang mendapat sentuhan tabrak corak dari teknik tambal sulam. Rias mata dengan warna coral yang terang membantu menghidupkan koleksi ini.
ValentinoKetika melihat koleksi Valentino seketika terbayang perempuan cantik yang sedang menikmati suguhan afternoon tea di hotel mewah. Sentuhan lace terlihat di hampir semua look, bordiran cantik, siluet minimalis dan tatanan rambut kepang membuat koleksi ini terlihat semakin angelic dan innocent like. Pretty dress for pretty ladies.
Yves Saint LaurentSiluet yang shapeless, gaya maskulin dalam balutan warna-warna cerah, dan juga atasan gaya tuxedo berbahan satin mewarnai koleksi YSL musim ini. Gaya backless maksimal menjadi panutan seksi ala Stefano Pilati. Sepatu-sepatu platform cantik hingga Oxford shoes maskulin bisa dipastikan menjadi hot selling item dari koleksi ini.