Jonghyun Bunuh Diri, Bagaimana Nasib SHINee?

Nizar Zulmi diperbarui 19 Des 2017, 10:30 WIB

Fimela.com, Jakarta Popularitas SHINee sebagai grup K-Pop populer tak terbantahkan. Meski mulai tersaingi dengan wajah-wajah baru yang potensial, Jonghyun dkk tetap punya tempat tersendiri bagi fans.

Sebagai boyband, SHINee telah bersama-sama debut sejak 2008. Selama hampir 10 tahun Jonghyun, Onew, Taemin, Key dan Minho menjaga eksistensi grup dan individu di bawah naungan SM Entertainment.

Namun kabar meninggalnya Jonghyun menjadi pukulan telak bagi para member dan fans SHINee. Mereka tak menyangka beban yang dipikul member 27 tahun tersebut teramat berat.

Lantas bagaimana nasib SHINee tanpa Jonghyun? Mampukah mereka bertahan dengan 4 personel tersisa?

2 dari 3 halaman

Peran penting Jonghyun

Terdiri dari 5 member, SHINee saling melengkapi satu sama lain. Tak bisa dipungkiri kelimanya punya peran penting dalam lahirnya karya-karya mereka.

Jonghyun sendiri dikenal punya musikalitas tinggi. Selain menjadi vokalis utama, ia juga berada di balik penciptaan sejumlah hits milik SHINee.

Kehilangan sosok member tertua kedua tentu akan memberatkan perjalanan SHINee ke depan. Apalagi persaingan beraat sudah menanti seiring makin eksisnya para pendatang baru.

Namun bukan tidak mungkin SHINee akan tetap bertahan dengan 4 personelnya. Onew dkk tentunya juga tak ingin menyerah dan melupakan masa-masa sulit yang telah dialami 9 tahun belakangan.

3 dari 3 halaman

Eksistensi SHINee

Dua tahun terakhir SHINee terus berusaha memberikan yang terbaik untuk fans. Pada 2016 lalu mereka merilis album 1 of 1 yang menjadi album kelima SHINee di Korea.

Di 2017, SHINee juga menelurkan album untuk fansnya di Jepang. Dengan tajuk Five, siapa sangka itu merupakan kado terakhir Jonghyun bersama SHINee.

Meski tak lagi sepopuler di masa jayanya 5 atau 6 tahun lalu, SHINee masih mendapat banyak support dari fans loyal mereka, Shawol. Dengan berpulangnya Jonghyun, fans akan memberi dukungan lebih untuk para idolanya tetap berkarya.