6 Aktor yang Terkena Kutukan Film Superman

Henry Hens diperbarui 06 Okt 2017, 18:05 WIB

Fimela.com, Jakarta Salah satu superhero terpopuler adalah Superman. Mungkin karena itu juga superhero kreasi DC Comics ini sudah beberapa kali dibuatkan film layar lebar maupun serial televisi.

Dari sekian banyak aktor yang pernah memerankan Superman, nama Christopher Reeve mungkin jadi yang paling dikenal. Reeve sendiri empat kali berperan sebagai manusia super tersebut dalam empat film solo Superman di era 70-an dan 80-an.

Sedangkan yang saat ini memerankan Superman adalah Henry Cavill yang tampil di film Man of Steel (2013). Setelah itu Cavill kembali memerankan Superman di Batman v Superman: Dawn of Justice dan Justice League.

Rencananya, film solo Superman akan kembali diproduksi dan Cavill kemungkinan besar masih akan berperan sebagai Superman atau Clark Kent. Ada fakta unik dan kurang mengenakkan dari para pemeran film Superman, terutama yang dibintangi Christopher Reeve. Banyak yang menyebutkan film Superman seperti mengalami kutukan.

Itu karena sejumlah pemain yang terlibat dalam film superhero tersebut mengalami nasib buruk setelah bermain di film Superman. Setidaknya ada enam aktor yang disebut-sebut terkena ‘kutukan’ film Superman.

2 dari 7 halaman

Christopher Reeve

1. Christopher Reeve

Christopher Reeve mendunia berkat perannya sebagai Superman di empat film Superman dalam kurun waktu 1978 sampai 1987. Reeve juga pernah bermain di film-film berkualitas seperti Rear Window dan Remains of the Day. Namun semuanya berubah saat ia jatuh dari kuda di tahun 1995 dalam sebuah perlombaan.

Akibatnya, sebagian badannya nyaris lumpuh sehingga harus menggunakan kursi roda. Sejak saat itu karirnya di dunia film pun terhenti dan hanya muncul dalam sejumlah acara dan wawancara. Christopher Reeve akhirnya meninggal dunia di tahun 2004.

 

3 dari 7 halaman

Marlon Brando

2. Marlon Brando

Aktor legendaris ini jadi daya tarik utama film Superman (1978) dan mendapat bayaran paling besar dari pemain lainnya meski hanya tampil beberapa menit saja. Pemeran ayah Superman (Jor-El) ini aktingnya memang jempolan tapi dikenal suka berulah dan sulit diajak kerjasama. Beberapa tahun setelah bermain di Superman, sejumlah masalah meghampiri Brando terutama di dalam keluarganya.

Salah seorang putranya pernah menembak pacar kakak tirinya dan kemudian dijebloskan ke penjara. Lalu anak perempuannya meninggal karena bunuh diri di tahun 1995. Karir Brando pun makin merosot. Pemain yang dikenal lewat film The Godfather ini meninggal dunia pada Juli 2004 karena mengalami depresi, obesitas dan sejumlah penyakit berat seperti gagal jantung.

4 dari 7 halaman

George Reeves

3. George Reeves

Di tahun 1951, George Reeves berperan sebagai Superman dalam film Superman and the Mole Man. Reeves adalah aktor kedua yang memerankan Superman di layar lebar. Reeves juga memerankan Superman di serial Adventures of Superman. Namun setelah itu karirnya menurun dan sulit mendapat peran lain.

Tragisnya, Reeves ditemukan tewas dengan luka tembak di rumahnya pada Juni 1959, hanya beberapa hari sebelum menggelar pernikahan keduanya. Reeves yang wafat di usia 45 tahun awalnya diduga bunuh diri tapi ternyata tak terbukti. George Reeves diduga dibunuh tanpa sengaja tapi kasusnya tetap jadi misteri sampai saat ini.

5 dari 7 halaman

Richard Pryor

4. Richard Pryor

Aktor dan komedian Richard Pryor pernah berperan sebagai salah satu tokoh antagonis Gus Gorman di film Superman 3 (1983). Karakternya yang unik dan gaya komikalnya membuat Pryor sangat menonjol dan hampir menandingi karisma Christopher Reeve sang pemeran Superman/Clark Kent. Tiga tahun setelah bermain di film tersebut, Pryor didiagnosa menderita penyakit multiple sclerosis. Richard Pryor akhirnya meninggal dunia pada Desember 2005 di umur 65 tahun karena penyakit jantung.

6 dari 7 halaman

Dana Reeve

5. Dana Reeve

Sepertinya orang yang berhubungan dengan pemeran Superman juga ikut terkena kutukan, termasuk Dana Reeve, istri Christopher Reeve. Dana adalah istri kedua Reeve yang bercerai dari istri pertamanya. Mereka menikah di tahun 1992. Dana sendiri juga seorang artis tapi lebih sering bermain di serial televisi dan teater. Dana juga seorang pengusaha dan aktivis.

Ia tetap setia mendampingi Christopher yang mengalami kelumpuhan hanya tiga tahun setelah perkawinan mereka. Dua tahun setelah kepergian suaminya, Dana Reeve meninggal dunia di usia 44 tahun setelah berjuang melawan penyakit kanker paru-paru meski ia bukan seorang perokok.

7 dari 7 halaman

Margot Kidder

6. Margot Kidder

Pamor Margot Kidder melambung saat berperan sebagai kekasih Superman, Lois Lane, di empat film Superman (1978-1987). Kidder adalah satu-satunya pemain utama film Superman yang masih hidup sampai saat ini. Tapi Kidder juga tak lepas dari sejumlah masalah dan kesialan.

Kidder menderita bipolar disorder dan sempat menghilang selama beberapa hari. Aktris kelahiran tahun 1948 ini pernah ditemukan di halaman rumah seseorang dalam keadaan terluka dan terlihat stres serta sejumlah giginya tanggal. Margot Kidder juga pernah mengalami kecelakaan mobil yang nyaris merebut nyawanya.

Meski begitu, Kidder pernah mengatakan kalau ia tak percaya kalau para pemain film Superman terkena semacam kutukan karena semuanya hanya kebetulan belaka. Nah, kamu sendiri percaya ada ‘kutukan’ terhadap para pemain film Superman? Atau lebih setuju dengan pendapat Margot Kidder?