Hai Para Wanita, Belajarlah Menjadi Istri Seperti Dana Reeve

Musa Ade diperbarui 27 Sep 2017, 19:49 WIB

Fimela.com, Jakarta Belajar memang bisa dari mana saja, termasuk belajar dari kisah orang lain. Kali ini, Bintang.com mengajak untuk belajar dari kesetiaan dari Dana Reeve. Memang ia bukan artis terkenal seperti Jennifer Lopez, Madonna, dan Shakira. Namun ada satu hal yang bisa kita pelajari dari istri Christopher Reeve ini.

Ia merupakan seorang aktris, penyanyi, dan aktivis bagi orang-orang cacat. Ia Lahar di New Jersey pada 17 Maret 1961 denngan nama Dana Charles Morosini. Dana lulus dari Middlebury College di Vermont dengan predikat Cum Laude pada bidang sastra Inggris.

Pada bulan April 1992, ia menikah dengan pemeran Superman, Christopher Reeve. Pernikahan itu terasa bahagia setelah mereka dikaruniai anak bernama William Elliot Reeve.

Namun kebahagiaan pernikahan Christopher dan Dana Reeve hanya berlangsung sekitar tiga tahun. Pada 27 Mei 1995, Christopher tiba-tiba terjatuh dari kuda yang menyebabkan bagian tubuhnya lumpuh dari leher sampai ke bawah.

Dana Reeve pun harus menerima kenyataan bahwa suaminya selalu ada di kursi roda. Banyak bantuan yang mengalir untuk mereka. Namun mereka mengaku jika biaya pengobatan Chris sudah ditanggung oleh pihak asuransi.

Mereka pun memutuskan untuk memasukan uang bantuan itu ke yayasan yang mereka dirikan, Christopher Reeve Foundation. Yayasan yang didirkan Chris dan Dana Reeve ini berguna untuk meningkatkan kualitas hidup orang-orang cacat.

2 dari 3 halaman

Kesetiaan

Besarnya cinta Dana Reeve terbukti dengan kesetiaannya merawat Chris. Tak pernah sekalipun ia mengeluh. Saat peristiwa itu, Dana baru berusia 34 tahun, usia di mana seharusnya ia menikmati romantisme pernikahan.

Dana benar-benar menjalani rumah tangganya dengan normal. Padahal sebenarnya ia membutuhkan kasih sayang dari suaminya. Sebagai seorang ibu, ia merupakan ibu yang teladan.

Ia tidak kecewa atau melampiaskan kekecewaannya karena punya suami yang cacat kepada buah hatinya. Bahkan pada tahun 2005, Dana dinobatkan sebagai Mother of The Year Award dari American Cancer Society.

Sejak suaminya lumpuh, Dana menjadi seorang motivator dan aktivis bagi kehidupan orang-orang yang menderita kelumpuhan. Kehidupan Dana benar-benar menjadi contoh seorang istri yang tabah menghadapi suaminya yang menderita kelumpuhan.

3 dari 3 halaman

Tak Bisa Dipisahkan oleh Maut

Christopher Reeve meninggal pada 10 Oktober 2004 setelah kurang lebih 9 tahun dirawat. "Dahulu kita pernah berjanji bahwa kita akan selalu setia pada waktu senang dan susah, pada waktu sehat dan sakit, sampai mau memisahkan. Aku berkata di depan jenazahmu, walaupun maut sudah memisahkan, aku tetap setia padamu. Engkaulah satu-satunya untuk hidupku," ujarnya pada pemakaman Christopher.

Janji itu pun ia buktikan sampai akhir hayatnya. Dana tak pernah menikah lagi, walaupun saat itu usianya masih 43 tahun. Ia meninggal pada 6 Maret 2006 lantaran sakit kanker paru-paru.

Kesetiaan Dana Reeve pada Christopher Reeve membuktikan cinta itu luar biasa. Ia tetap setia walaupun suaminya meninggal. Meskipun ia cantik, cerdas, dan kaya, mungkin ia bisa menikah jika ia mau.