Girls, Ini Cara Mengenali Depresi Sedari Dini

Floria Zulvi diperbarui 24 Jul 2017, 16:40 WIB

Fimela.com, Jakarta Stres yang berkepanjangan bisa membuat seseorang jadi depresi. World Health Organization (WHO) melaporkan bahwa lebih dari 300 juta penduduk di dunia mengalami depresi. Hal ini tentu bisa membahayakan bagi penderitanya.

Jika tak ditangani dengan cepat serta tepat, penderita depresi akut berisiko besar melakukan bunuh diri. Tentu saja hal tersebut menjadi salah satu alasan depresi harus dikenali sedari dini.

Dilansir dari KlikDokter, dr. Nitish Basant Adnani BMedSc berbagi cara untuk mengenali gejala depresi. Biasanya, para penderitanya dilanda rasa sedih, hilang minat serta lelah berkepanjangan selama lebih dari dua minggu.

Seseorang dengan depresi pun biasanya mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi, mengalami gangguan nafsu makan dan pola tidur, serta rasa bersalah dan rendah diri yang tidak beralasan.

Depresi sendiri miliki tingkatan. Mulai dari depresi ringan, sedang, hingga berat. Depresi ringan bisa menghambat kegiatan sehari-hari namun tak sepenuhnya menghentikan aktivitas. Baca artikel lengkapnya di sini.