Terlalu Banyak Bekerja Bisa Jadi Pemicu Bunuh Diri, Benarkah?

Floria Zulvi diperbarui 24 Jul 2017, 13:28 WIB

Fimela.com, Jakarta Tubuh akan bertambah lelah ketika kamu memaksakan diri untuk bekerja dan kurang waktu istirahat. Tak sampai sana, tak miliki waktu untuk diri sendiri, keluarga, sahabat, dan kekasih pun bisa membuat orang stres berujung depresi.

Dilansir dari KlikDokter, dr. Nitish Basant Adnani BMedSc menuliskan bahwa pada umumnya orang yang melakukan bunuh diri bukanlah tanpa sebab. Sering kali, tindakan tersebut didahului dengan depresi. Lalu, bagaimana cara mengetahui gejalanya.

Gejala depresi bisa dibilang sama dengan stres namun dengan tingkat yang lebih parah. Penderitanya akan merasakan kesedihan, kehilangan minat, serta rasa lelah yang seakan tak ada usainya.

Jika mengalami hal tersebut secara terus menerus, penderitanya bisa mengalami depresi berat. Tentu saja akan ada kemungkinan untuk melakukan tindakan bunuh diri.

Sebuah penelitian di Yonsei University of Medicine di Korea Selaran menemukan bahwa jam kerja yang lebih lama berkaitan dengan keinginan bunuh diri yang lebih tinggi, baik untuk wanita maupun pria. Baca selengkapnya di sini.