Trik Rahasia untuk Jauhkan Stres Saat Hamil

Floria Zulvi diperbarui 22 Jul 2017, 00:14 WIB

Fimela.com, Jakarta Hamil adalah sebuah proses yang terkadang bisa membuat para wanita stres dan cemas. Hal tersebut dikarenakan keadaan yang kompleks dan membuat mereka mengalami stres berkepanjangan jika tak dikelola dengan baik.

Bila hal tersebut terjadi, tentu saja akan memiliki dampak tak baik untuk ibu maupun janin. Tak sampai sana, stres juga bisa meicu kelahiran prematur, berat badan janin yang rendah serta peningkatan risiko terjadinya gangguan perilaku pada masa kanak-kanak.

Dilansir dari KlikDokter, dr. Dyah Novita Anggraini menuliskan bahwa stres saat hamil bisa dihilangkan melakui relaksasi. Salah satunya adalah dengan mendengarkan musik secara berkala.

Rise mengenai manfaat musik pada ibu hamil sudah dilakukan para peneliti dari College of Nursing, Kaohsiun Medical University. Studi tersebut melibatkan 236 peserta wanita hamil di Taiwan.

Peserta dibagi atas dua kelompok. Hasilnya, peserta  yang mendengarkan musik selama 30 menit per hari selama dua minggu mengalami stres dan kecemasan yang berkurang. Baca selengkapnya tentang trik jauhkan stres saat hamil di sini.

What's On Fimela