Makanan Lezat yang Juga Bisa Turunkan Kolesterol Dalam Tubuh

Floria Zulvi diperbarui 23 Jun 2017, 13:15 WIB

Fimela.com, Jakarta Salah satu masalah usai lebaran selain badan jadi lebaran adalah kolesterol tinggi. Maklum, beberapa orang mungkin kalap untuk makan enak di siang hari. Apalagi sembari ngobrol bersama sanak saudara yang sudah lama tak berjumpa.

Namun, tahukah kamu bahwa riset kesehatan dasar tahun 2013 menemukan bahwa 15,9% penduduk Indonesia miliki kadar kolesterol tinggi dalam tubuhnya. Hmm.. meski masih muda, kamu harus tetap menjaga diri agar sehat selalu ya, girls!

Kolesterol adalah salah satu di antara faktor utama risiko utama penyakit jantung. Dilansir dari KlikDokter, dr. Vito A. Damay Sp.JP M.Kes FIHA FICA pun menuliskan sederet makanan yang efektif menurunkan kolesterol di dalam tubuh. Yuk, disimak!

Ikan laut. Salmon dan tuna mengandung omega 3 yang kaya akan kolesterol baik (HDL) dan mampu menarik kolesterol jahat (LDL) dari sirkulasi darah. Dengan meningkatnya HDL, tentu saja risiko pembentukan plak di pembuluh darah jadi semakin kecil.

Gandum dan beras merah. Sedang diet dan enggan berat badan kembali membuat jarum timbangan geser ke kanan, dua makanan ini sangat disarankan! Yup, hal tersebut dikarenakan makanan berbahan berbahan dasar gandum, baik beras merah, roti, atau serealia merupakan pilihan karbohidrat yang baik.

Makanan tersebut merupakan sumber energi yang tak menyebabkan lonjakan gula darah terlalu tinggi. Jangan lupa rasa mereka yang pula lezat. Apalagi beras merah miliki serat yang tinggi, girls!

Gandum dan beras merah juga akan membuat kamu kenyang lebih lama. Hal tersebut bisa mencegah kamu makan berlebihan. Namun, jangan lupa cara pengolahannya, ya. Untuk lauknya sendiri usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan yang digoreng apalagi jika menggunakan minyak yang sama berulang kali.

Lebaran memang bikin seseorang lalai untuk mengonsumsi hidangan sehari-hari. Jadi, jika kamu tak ingin terkena kolesterol tinggi, yuk pelajari lebih dalam makanan yang bikin kamu sehat saat lebaran di sini!

What's On Fimela