Menu Sahur: Japanese Chicken Steak

Febriyani Frisca diperbarui 15 Jun 2017, 16:14 WIB

Fimela.com, Jakarta Banyak cara mendapatkan protein, vitamin, dan zat-zat lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satunya melalui olahan ayam. Nggak mau ribet, biasanya orang-orang akan memilih olahan ayam goreng sebagai menu sahur mereka. Padahal, masih banyak menu andalan yang praktis dan lezat tentunya.

Japanese chicken steak, misalnya. Hmm dari namanya mungkin kamu berpikir kalau proses pembuatannya bakal panjang dan ribet. No! No! No! Mengandalkan double pan, kamu sudah bisa merasakan lezatnya olahan ayam khas Negeri Sakura yang kini banyak dijual di Indonesia. Praktis dan cepat matang, begitu defisini memasak Japanese chicken steak pakai double pan. So, kamu nggak perlu berlama-lama menyiapkan lauk untuk menu sahur. Yuk, simak selengkapnya lewat resep di bawah ini.

3 buah paha ayam, potong 2 bagian
1 sdm air jeruk nipis
¼ sdt garam

Bumbu:
2 sdm minyak zaitun
2 siung bawang putih, parut
2 cm jahe, parut
100 g bawang bombai, iris membujur 1 cm
1 sdm shoyu/kecap jepang
2-3 sdm saus teriyaki
1 sdm madu
½ sdt minyak wijen
1 sdm air jeruk lemon

Salad:
100 g lettuce, robek kasar
100 g wortel, iris batang korek api halus
100 g mentimun jepang, iris bentuk korek api
100 g mayones
1 sdt air jeruk lemon
¼ sdt merica bubuk
½ sdt gula pasir halus
1 sdt sambal cabai botolan

Cara membuat:

1. Lumuri paha ayam dengan air jeruk nipis dan garam, sisihkan.
2. Bumbu: panaskan minyak dalam wajan, tumis bawang putih dan jahe hingga harum, masukkan bawang bombai, aduk hingga layu. Tambahkan shoyu, saus teriyaki, madu, minyak wijen, dan air jeruk lemon. Masak hingga agak mengental, angkat.
3. Masukkan ayam ke dalam double pan, atur jangan sampai bertumpuk. Tuang seluruh bumbu ke atas ayam, ratakan. Tutup double pan, masak selama kira-kira 15 menit di atas api sedang. Balikkan, masak hingga sisi yang satunya matang, angkat.
4. Salad: Campur lettuce, wortel, dan mentimun dalam mangkuk. Di wadah yang lain, campur mayones, air jeruk lemon, mericam, gula pasir, dan sambal cabai, aduk rata. Tuang ke dalam mangkuk berisi sayuran, aduk rata.
5. Sajikan ayam panggang dengan salad, lengkapi dengan nasi putih.

What's On Fimela