Risih Dengar Suara Orang Makan? Mungkin Kamu Derita Misophonia

Karla Farhana diperbarui 04 Feb 2017, 11:40 WIB

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu merasa ingin marah saat mendengar suara sruput mi? Atau, suara orang sedang mengunyah atau menggigit makanan garing? Atau bahkan kamu sangat terganggu dengan suara klik pulpen? Mungkin kamu memiliki misophonia. 

Misophonia, dilansir dari Time, merupakan sebuah gangguan di mana sang penderita sangat benci dengan berbagai suara, seperti suara orang makan, mengunyah, dan lain sebagainya. Seorang penderita bahkan bisa marah ketika menonton bioskop dan mendengar napas berat seseorang yang ada di sampingnya. 

Kondisi ini pertama kali dinamakan pada tahun 2001. Bertahun-tahun, para peneliti mencari jawaban dan penyebab dari gangguan ini. Pada hasil penelitian terbaru, yang dilakukan para peneliti dari Newcastle University, Inggris, menunjukkan ada perbedaan pada lobus frontal di otak mereka, dibandingkan dengan orang yang tidak menderita misophonia. 

Ternyata, si penerita bukan hanya marah dan merasa terganggu dengan bunyi-bunyi tersebut. Tapi, dalam jurnal ilmiah yang diterbitkan Current Biology, kondisi fisik mereka juga berubah. Seperti denyut jantung semakin cepat dan keluar keringat. 

Hal ini, Time menulis, dikarenakan ada yang tidak normal pada mekanisme otak yang mengatur emosi. Namun dilansir dari CNN, tidak semua penderita tak suka dengan suara orang menyeruput mi atau klik pulpen. 

What's On Fimela