Tewas Saat Diksar Mapala, Ini Pengakuan Mahasiwa UII Jelang Ajal

Febriyani Frisca diperbarui 24 Jan 2017, 14:14 WIB

Fimela.com, Jakarta Kabar duka datang dari Mapala UII (Universitas Islam Indonesia) Yogyakarta. Dua mahasiswa dikabarkan meninggal dunia usai mengikuti The Great Camping (TGC) atau biasa dikenal dengan Pendidikan Dasar (Diksar) Unit Kegiatan Mahasiswa Mapala UII. Mereka adalah Muhammad Fadhli dan Syaits Asyam.

Dikutip dari Liputan6.com, acara tersebut dilaksanakan pada 13-20 Januari 2017 di lereng selatan Gunung Lawu, Tawangmangu, Jawa Tengah. Fadhli, yang merupakan mahasiswa Teknik Elektro UII, asal Batam, tewas di perjalanan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karanganyar, pada Jumat 20 Januari 2017.

Sedangkan kawannya, Asyam, tewas di RS Bathesda, Yogyakarta, Sabtu, 21 Januari 2017, setelah sebelumnya dirawat. Berkaitan dengan tewasnya Asyam, sang ibunda, Sri Handayani, menduga jika putra tunggalnya meninggal akibat dianiaya. Pasalnya, Sri Handayani menemukan sejumlah luka di bagian tubuh Asyam dan mendapat pengaduan rasa sakit dari anaknya saat di RS Bethesda.

"Anak saya yang ganteng menjadi penuh luka. Saya sempat dipanggil dokter, dokter hanya mengatakan, ya seperti itulah (kondisi Asyam)," ucap Sri di kediamannya, Jetis, Desa Caturharjo, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (23/1/2017), dikutip dari Liputan6.com.

Saat Sabtu pagi sampai di RS Bethesda, Sri Handayani mengungkapkan jika anaknya dalam kondisi cukup kritis. Pada siang hari, dokter meminta Sri untuk bertanya pada Asyam mengenai kejadian yang sebenarnya. Asyam mengatakan jika ia dipukul pakai rotan. "Anak saya bilang, leher berat, sakit. Bawa air terlalu banyak. Punggung dipukul (dengan rotan) 10 kali. Diinjak-injak. Jangankan ngomong, anak saya bernapas saja susah waktu itu," ungkap Sri.

Sebelum benar-benar menghembuskan nafas terakhir pada 14.45 WIB, Asyam sempat meminta maaf kepada ibunya. Jenazah Asyam kemudian dikebumikan di makam keluarga, yang letaknya tak jauh dari rumahnya. Kabar terakhir, korban meninggal akibat diksar tersebut bertambah satu orang bernama Ilham Nur Padmi Listiadi, mahasiswa Fakultas Hukum Internasional UII.

What's On Fimela