Terlalu Banyak Minum Kopi Bisa Bikin Tulang Keropos?

Henry Hens diperbarui 25 Des 2016, 21:47 WIB

Fimela.com, Jakarta Salah satu minuman yang banyak disukai di seluruh dunia, termasuk di Indonesia adalah kopi. Indonesia termasuk negara yang kaya akan berbagai macam kopi yang khas dan nikmat. Kopi sering jadi pelengkap pada menu sarapan atau cemilan saat diminum sore maupun malam hari. Bahkan beberapa orang bahkan merasa sakit kepala kalau tidak minum kopi.

Selain itu, aroma dan rasa dari kopi mampu membangkitkan semangat bagi para peminumnya. Tapi benarkah mengonsumsi kopi bisa membuat tulang keropos? Penyebab langsung memang tidak ada. Seperti dilansir dari panganpedia, faktor yang berpengaruh terhadap kepadatan tulang antara lain penyerapan kalsium dan vitamin D.

Vitamin D pada makanan disebut ergosterol, sedangkan pada jaringan di bawah kulit terdapat 7 dehidrokolesterol. Pada ginjal, dengan bantuan hormone PTH, semua bahan itu diubah menjadi 1,25(OH)2D3 yang berkerjasama dengan kalsium dan fosfat untuk bisa diserap oleh usus.

Namun, dengan konsumsi kopi yang tinggi, penyerapan ini tidak akan berjalan maksimal. Kopi mengandung kafein yang merangsang produksi urin, sehingga kalsium dan 1,25(OH)2D3 yang seharusnya diserap oleh usus, hilang bersama urin. Menurut penelitian Swedish Departement of Toxicology’s National Food Administration, mengonsumsi 4 cangkir kopi per hari akan menurunkan massa tulang sampai 4 persen.

Penelitian ini dilakukan pada 1.527 wanita usia 4—76 tahun. Resiko patah tulang lebih tinggi terjadi pada wanita yang mengkonsumsi kopi namun konsumsi kalsium yang rendah. Resiko ini pun lebih tinggi lagi jika terjadi pada wanita yang mengalam masa post-menopause. Jadi sebaiknya, usahakan untuk tidak mengkonsumsi kopi lebih dari 4 cangkir per hari dalam jangka waktu yang panjang karena akan menurunkan massa tulang.

Kopi bisa membuat tulang keropos, jika dikonsumsi dalam jumlah besar setiap hari. Kalau masih ingin tetap minum kopi, lebih baik diimbangi dengan konsumsi kalsium yang cukup, seperti berjemur di bawah sinar matahari pagi, makan ikan, brokoli, pisang dan minum susu. Jenis makanan apa pun itu jika dikonsumsi berlebihan, termasuk kopi, tidak akan baik bagi tubuh kita.