Kunjungi Korban Gempa Aceh, Jokowi Salat Jumat di Bireuen

Henry Hens diperbarui 09 Des 2016, 19:14 WIB

Fimela.com, Jakarta Gempa di Aceh membuat sejumlah orang tewas. Selain itu, bangunan, jalanan, serta fasilitas lain pun dikabarkan rusak parah. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun ikut terjun langsung melihat lokasi dan para korban gempa Aceh. Presiden melihat dampak gempa di wilayah Pidie, Pidie Jaya, dan Bireuen.

Seperti dilansir dari antaranews, Jokowi juga melakukan salat Jumat bersama warga di Masjid Besar Samalanga, Jalan Mesjid, Kecamatan Samalanga, Bireuen, Aceh, Jumat (9/12/2016). "Saya datang ke Pidie, Pidie Jaya, dan Bireuen khususnya Kecamatan Samalanga, Kota Santri, saya ingin memastikan semuanya dalam keadaan baik," ucap Jokowi.

Presiden berharap warga daerah itu tabah dan tawakal menghadapi bencana alam tersebut. "Marilah kita hadapi kejadian ini dengan sabar, tabah, tawakal. Insya Allah kita akan carikan solusinya," tukas Jokowi. Presiden berjanji memastikan jajarannya melakukan yang terbaik agar masyarakat di wilayah yang terdampak bencana bisa memulai kembali hidup mereka.

Sebelum salat Jumat, Presiden mengunjungi korban gempa di Rumah Sakit Umum Daerah Tgk Chik Ditiro Sigli, Kabupaten Pidie. Presiden dan rombongan tiba di RSUD Pidie sekitar pukul 08.30 WIB disambut oleh pengelola rumah sakit tersebut. 

Mereka yang ikut mendampingi Presiden Jokowi dalam kesempatan itu antara lain Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Plt Gubernur Aceh Sudarmo, Menkes Nila F Moeloek, Seskab Pramono Anung dan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian.

Usai mengunjungi lokasi yang terkena dampak gempa Aceh, Presiden Jokowi menuju ke Banda Aceh menggunakan helikopter. Setelah itu Presiden dan rombongan akan menuju Jakarta dengan pesawat kepresidenan Indonesia-1.