Es Krim Ternyata Dulu Terbuat dari Salju

Henry Hens diperbarui 31 Okt 2016, 19:47 WIB

Fimela.com, Jakarta Siapa yang nggak suka es krim? Rasanya hampir semua orang suka es krim, kecuali yang lagi sakit gigi, hehe. Es krim yang enak dan dingin cocok banget dimakan di negara kita yang sub-tropis ini. Kalau kamu mengaku pecinta es krim, kamu tahu nggak asal-usul bisa muncul makanan bernama es krim ini?

Biar kamu jadi pecinta es krim beneran, simak dulu awal mula munculnya es krim, seperti dilansir dari laman Loop. Jaman dulu kala, kalau mau bikin es krim kita nunggu sampai musim dingin tiba. Itu karena es hanya bisa didapat dari kolam atau danau yang membeku. Lalu es batu itu harus kita simpan di tumpukan jerami atau ditimbun di dalam tanah supaya nggak meleleh saat akan dipakai di musim panas.

Es ini akan diolah secara tradisional dengan mengolah adonan di dalam mangkuk dan dicampur garam untuk kemudian menjadi es krim. Meski begitu, sejarah kemunculan es krim ini punya banyak versi lho. Ini beberapa diantaranya.

1. Sejarah munculnya es krim ini dipercaya sudah ada dari jaman Romawi. Konon, Kaisar Nero sudah menyantap salju halus bersama campuran buah-buahan dan madu.

2. Cerita lain menyebutkan kalau yang paling awal mengenalkan es krim yang bentuknya seperti sekarang adalah Kaisar Tang dari Dinasti Chang. Kaisar Tang dikenal punya cita rasa tinggi. Ia memerintahkan koki istananya untuk mencampur es dari salju dengan susu sapi, tepung, dan sedikit kapur barus. Lalu, adonan ini diaduk hingga menjadi krim.

3. Kisah lainnya menceritakan es krim muncul di Eropa karena adanya hubungan dagang antara Italia dan China. Marcopolo membawa resep es krim dari China ke negaranya. Di Eropa, es krim jadi makanan khas bangsawan. Soalnya, cuma orang-orang kaya saja yang bisa membuat es krim. Berbeda dengan resep aslinya, es krim di Italia ini dicampur dengan sirup. Es krim dari Italia yang dinikmati oleh kaum bangsawan inilah yang akhirnya menyebar ke seluruh dunia.

4. Di Amerika, es krim mulai dikenal pada abad ke-19 seiring dengan ditemukannya mesin pembuat es krim. Istilah es krim juga berasal dari kolonis Amerika yang berasal dari frasa iced cream.

5. Nah, di Indonesia sendiri, es krim dibawa oleh orang-orang Belanda yang datang ke Indonesia. Es krim dulu termasuk barang mewah dan mahal yang hanya bisa dinikmati oleh orang-orang Belanda saja. Makanya kita beruntung banget karena sekarang bisa bebas dan gampang menikmati es krim. Tinggal ke warung atau mini market terdekat, kita bisa membeli dan menikmati es krim dengan harga murah.

Dari mana aja asalnya, intinya es krim itu dibuat dari es. Sekarang kamu tahu kan kalau es krim itu dulunya susah banget bikinnya dan hanya dinikmati orang tertentu saja. Apalagi kan dulu nggak ada kulkas, jadi kalau mau mau makan es krim harus nunggu salju turun.

 

What's On Fimela