Kalau Sudah Begini, Kamu Tinggal Nunggu Dilamar Dia Aja, Girls!

fitriandiani diperbarui 21 Okt 2016, 22:28 WIB

Fimela.com, Jakarta Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum pasangan memutuskan untuk melangkah ke sebuah pernikahan. Kesiapan mental, materi, dan keyakinan di dalam hati bahwa pasanganmu saat ini adalah orang yang tepat, adalah beberapa contohnya.

Itu semua harus dipastikan dengan mantap sejak awal. Kamu dan pasanganmu harus memastikan bahwa 'modal' itu telah kalian miliki dan kalian mampu mencukupinya sepanjang hidup kalian setelah menikah. Tapi selain modal untuk menjalani hidup berdua, kamu juga harus melihat ke dalam dirimu sendiri, sudah cukupkah 'modal' itu untuk menikah?

Girls, kalau kamu sudah begini, berarti kamu tinggal nunggu dilamar dia aja, nih!

1. Kamu bisa mengerti, kebahagiaanmu bukan satu-satunya hal yang harus diperjuangkan, tapi kebahagiaan pasanganmu juga. Meski kadang, itu artinya kamu perlu sedikit berkorban. Misal; weekend nanti kamu ingin menonton live perform dari band favoritmu, tapi dia ingin di rumah menonton klub bola kesukaannya bertanding. Huh, ya sudah deh, di rumah aja nemenin dia nonton.

2. Kamu mampu bertanggung jawab terhadap dirimu maupun kepercayaan yang dia beri meski dia sedang tidak berada di sisimu. Pada dasarnya, ini adalah soal prinsip percaya dan menjaga kepercayaan, sih. Intinya, saling percaya lah!

3. Kamu mampu mengontrol emosimu tetap stabil, tidak lagi mudah tersulut kemarahannya seperti anak kecil. Perbedaan yang ada antara kamu dengannya juga bisa kamu sikapi dengan tenang dan dewasa. Pokoknya, kamu tidak lagi mengambil keputusan dengan hanya berdasar pada perasaan.

4. Kamu sadar dan siap menjalani kehidupanmu yang mungkin akan jauh berbeda setelah menikah. Barangkali waktumu untuk berkumpul bersama teman-teman se-gank akan lebih sedikit, tapi kamu tak mempermasalahkannya.

5. Kamu pandai mengatur keuangan. Ini penting, karena kunci kemapanan dalam rumah tangga bergantung pada kepandaian sang istri dalam mengatur keuangan keluarga. Kalau (calon) suamimu bekerja keras mengumpulkan pundi-pundi rupiah tapi yang kamu bisa hanya menghambur-hamburkan uangnya, cepat atau lambat rumah tanggamu akan dirundung masalah. Makanya, skill mengatur keuangan itu perlu.

Gimana, girls? Sudah siap dilamar pacarmu atau belum?