Editor Says, Pudarnya Cinta dalam Diri Ahmad Dhani?

Komarudin diperbarui 02 Feb 2021, 14:15 WIB

Fimela.com, Jakarta Saya tergoda membaca lirik-lirik lagu 'Laskar Cinta' karya grup band, Dewi 19, yang digawangi Ahmad Dhani. Berdasarkan catatan Wikipedia, lagu tersebut dirilis pada November 2004. Lagu tersebut berdurasi lebih dari tiga menit. Dhani dan  Once yang menyanyikan lagu tersebut. Jika dilihat dari lirik-liriknya, lagu tersebut sarat dengan pesan moral kepada masyarakat luas. Isinya mengajak kepada masyarakat untuk menanggalkan kebencian dan menggantinya dengan perdamaian.

Selain dalam bahasa Indonesia, lagu tersebut juga dinyanyikan dalam versi bahasa Inggris yang diberi judul ‘Warriors of Love’. Seperti ditulis mantan Presiden RI KH Abdurrahman Wahid dan C. Holland Taylor dalam Washington Post, 7 Oktober 2005 lalu, lagu tersebut muncul untuk merespons kekejaman Laskar Jihad  dan untuk mendeskreditkan daya tarik ideologi fundamentalis.  Dhani kemudian memplesetkan nama Laskar Jihad menjadi Laskar Cinta, yang kemudian menjadi judul lagunya.

Dirilis pada November 2004, lagu tersebut dengan cepat naik ke puncak tangga lagu. Banyak orang Indonesia, khususnya, ikut terinspirasi dari pesan lagu tersebut tentang pentingnya cinta, perdamaian, dan toleransi. Lagu laskar cinta mempromosikan nilai-nilai spiritual, cinta, kebebasan, dan toleransi dengan lirik yang diilhami ayat-ayat suci Alquran dan sabda Nabi Muhammad.

"Dhani menggunakan platform lagu ini untuk mempengaruhi jutaan fansnya di Indonesia, Singapura, dan Malaysia untuk menahan gelombang ekstemisme religius," kata Gus Dur dalam tulisannya itu.

“Wahai jiwa-jiwa yang tenang..Berhati-hatilah dirimu..Kepada hati-hati yang penuh..Dengan kebencian yang dalam..,” kata Dhani dalam liriknya. Kalimat ‘wahai jiwa-jiwa yang tenang’, misalnya, terinspirasi dari Surat Al-Fajr.

“Karena sesungguhnya iblis..Ada dan bersemayam..Di hati yang penuh dengan benci..Di hati yang penuh dengan prasangka..,”

2 dari 2 halaman

Memudarnya Cinta

Kini, 12 tahun telah berlalu sejak Dhani menyanyikan lagu itu. Sepertinya, jika didengarkan sekarang, lalu tersebut mengalami pergeseran. Terutama jika melihat sepak terjang Dhani belakangan ini yang terjun ke dunia politik. Apa yang dinyanyikan musisi kelahiran 26 Mei 1972 itu seolah bertolak belakang dengan keseriusannya 'menyerang' calon gubernur petahana Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Seperti sempat ia tulis dalam akun Twitter-nya, beberapa waktu lalu.

"Ahok bilang BPK ngaco dan nipu. Sebagai Presiden, Jokowi harus tentukan sikap, yang ngaco yang mana, BPK atau mulutnya Ahok. Atau Jokowi kasih tahu Ahok, ngomongnya jangan ngaco. Jokowi harus bertindak tegas, bubarkan BPK atau bubarkan mulutnya Ahok," tegas Dhani.

Suami Mulan Jameela itu tentu memahami betul hubungan manusia memang tak lepas dari cinta dan kebencian. Meski keberadaan cinta menjadi hakikat kehidupan umat manusia, tapi rasa 'kebencian' terhadap Ahok seolah tak pernah padam. Ia seperti tak lagi menebarkan virus-virus cinta kepada sesama manusia, tanpa mengenal suku, agama, ras, bangsa, bahasa.

Seperti dilantunkan Dhani dalam lagu tersebut, "Bukankah kita memang tercipta dari laki-laki dan wanita, menjadi suku-suku dan bangsa-bangsa yang pasti berbeda. Bukankah kita memang harus saling mengenal dan menghormati, bukan untuk saling bercerai-berai dan berperang angkat senjata."

Entah, apa yang membuat Ahmad Dhani seolah tak lagi menebarkan virus-virus cinta seperti yang sering ia gaungkan dalam lagu-lagunya, salah satunya dalam lagu Laskar Cinta. Benarkah pesan-pesan cinta telah pudar dalam diri Dhani?

Laskar Cinta

Wahai jiwa-jiwa yang tenang..Berhati-hatilah dirimu..Kepada hati-hati yang penuh..Dengan kebencian yang dalam..

Karena sesungguhnya iblis..Ada dan bersemayam..Dihati yang penuh dengan benci..Dihati yang penuh dengan prasangka..

Laskar cinta..Sebarkanlah benih-benih cinta..Musnahkanlah virus-virus benci..Virus yang bisa rusakkan jiwa..dan busukkan hati..

Laskar cinta..Ajarkanlah ilmu tentang cinta..Karena cinta adalah hakikat..Dan jalan yang terang bagi semua umat manusia..

Jika kebencian meracunimu..Kepada manusia lainnya..Maka sesungguhnya iblis..Sudah berkuasa atas dirimu..

Maka jangan pernah berharap..Aku akan mengasihi menyayangi manusia-manusia..Yang penuh benci seperti kamu..

Laskar cinta..Sebarkanlah benih-benih cinta..Musnahkanlah virus-virus benci..Virus yang bisa rusakkan jiwa..dan busukkan hati..

Laskar cinta..Ajarkanlah ilmu tentang cinta..Karena cinta adalah hakikat..Dan jalan yang terang bagi semua umat manusia..

Wahai jiwa-jiwa yang tenang jangan sekali-kali kamu..Mencoba jadi Tuhan dengan mengadili dan menghakimi..Bahwasanya kamu memang tak punya daya dan upaya..Serta kekuatan untuk menentukan kebenaran yang sejati..

Bukankah kita memang tercipta laki-laki dan wanita..Dan menjadi suku-suku dan bangsa-bangsa yg pasti berbeda..Bukankah kita memang harus saling mengenal dan menghormati..Bukan untuk saling bercerai-berai dan berperang angkat senjata..