BTS Disebut Menjiplak Karakter EXO, Benarkah?

Riswinanti diperbarui 12 Okt 2016, 16:20 WIB

Fimela.com, Jakarta Baru saja dunia dibuat terpukau oleh prestasi BTS yang berhasil memecahkan rekor YouTube. Dalam waktu 42 jam, MV mereka yang berjudul Blood Sweat & Tears berhasil melampaui 10 juta view. Fans pun sontak membandingkan kesuksesan ini dengan EXO.

Bukan tanpa alasan, selama ini EXO memang menjadi salah satu grup paling diunggulkan. Walau tidak sefantastis BTS dalam hal view, namun jauh sebelum ini EXO juga sempat memecahkan rekor penjualan fisik.

 

Juni lalu, EXO berhasil menjual lebih dari 450.000 copy hanya dalam waktu tiga hari saja. Sebelumnya, hampir semua album yang dilempar ke pasaran selalu mendapat respon luar biasa dari fans, sehingga angka penjualan pun cukup tinggi.

Di dunia maya pun, gebrakan penjualan album EXO selama ini juga cukup impresif. Ambil saja contoh single Lotto yang baru saja dilempar beberapa pekan lalu. Lihat saja bagaimana lagu ini menguasai berbagai chart dunia selama berminggu-minggu. Padahal saingan yang mereka hadapi juga cukup berbahaya.

Salah satu kunci keberhasilan EXO memang terletak pada kekuatan sosial media. Hal yang sama juga dilakukan BTS saat promosi single Blood Sweat & Tears ini. Sebagaimana kita tahu, dua grup ini memang dikenal sebagai grup yang sangat gencar bergerilya di dunia maya. Tidak heran jika beberapa pihak menyebut keduanya sebagai grup paling marketable di dunia K-pop.

Namun kinerja sosial media memang tidak akan berjalan lancar tanpa kualitas yang baik. Di samping memiliki fanbase yang sangat loyal, baik EXO maupun BTS memang mampu menampilkan suguhan musik yang berkualitas. Kekuatan mereka sama-sama terletak pada lagu yang enerjik, lengkap dengan dance yang membuat siapapun merasa bersemangat.

Karakter vokal juga menjadi resep lain kesuksesan BTS dan EXO saat melenggang di dunia musik. Beberapa pihak menilai bahwa BTS menjiplak beberapa karakter EXO, namun fakta membuktikan bahwa masing-masing punya karakter sendiri. Bagaimana menurut kalian?

 

Tag Terkait