Tanpa Sadar, 5 Hal Ini Sanggup Bikin Masa Depan Suram

Karla Farhana diperbarui 30 Sep 2016, 12:14 WIB

Fimela.com, Jakarta Setiap hari, kamu melakukan banyak hal. Mulai dari bangun tidur, hingga kembali tidur. Mungkin, kamu berpikir apa yang kamu lakukan sudah baik untuk dirimu dan lingkungan. Terlebih, untuk dirimu di masa depan. Karena, apa yang kamu lakukan sekarang akan terkait erat dengan hasil di masa depan

Nah, karena inilah, kadang sekecil apa pun kesalahan dan hal negatif dalam hidupmu pasti juga akan menodai masa depan. Masalahnya, kesalahan dan hal negatif yang kecil ini kerap luput dari perhatian. 

1. Mencari hal yang tepat, seperti kekasih, boleh saja. Karena itu bagian dari masa depan dan memang penting bagi sebagian orang. Tapi, kamu lupa untuk menikmati hidup, saking ingin mendapatkan yang terbaik. Ini juga berlaku buat pekerjaan, pendidikan, dan lainnya. 

2. Kamu terus-menerus takut orang lain membicarakanmu di belakang. Kamu juga kadang ragu dan ogah untuk melakukan apa yang kamu suka dan inginkan hanya karena takut dengan pandangan dan pendapat orang lain. 

3. Karier itu penting. Tapi keluarga juga penting. Buat apa kaya tanpa kasih sayang? Buat apa punya banyak perusahaan kalau kamu tak punya keluarga, tempat untuk beristirahat dan mencurahkan segala hal? 

4. Kamu terlalu banyak membuang waktu untuk memikirkan masalah di masa lalu. Ini bukan cuma bikin kamu penuh dendam, tapi juga membuatmu terjerat masa lalu, sehingga kesuksesan di masa depan sulit untuk diraih. 

5. Kamu itu pemaaf pada siapa pun, kecuali kepada dirimu sendiri. Kamu bahkan kerap menghukum dirimu lantaran melakukan sebuah kesalahan. Padahal, kamu hanya perlu perhatian yang besar, konsistensi, tekad bulat untuk tidak melakukan kesalahan yang sama.