Penonton Sidang Jessica dari Mulai Calon Jaksa Hingga Mahasiswa

Dadan Eka Permana diperbarui 22 Sep 2016, 07:14 WIB

Fimela.com, Jakarta Sidang kasus kematian Wayan Mirna Salihin dengan terdakwa Jessica Kumala Wongso sudah 23 kali digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Dari pantauan Bintang.com, sidang yang digelar untuk umum di ruang Kartika I itu selalu penuh pengunjung. Bahkan, beberapa pengunjung harus rela berdiri berdesakan untuk menyaksikan jalannya sidang lantaran tempat duduk yang disediakan sudah terisi penuh.

Tak hanya wartawan yang meliput dan dari pihak keluarga korban, pengunjung yang hadir juga berasal dari berbagai kalangan. Mulai dari praktisi hukum, pelajar, mahasiswa, calon jaksa sampai masyarakat biasa. “Saya datang dari Tangerang, naik kereta,” kata Ria, wanita paruh baya yang datang ditemani anaknya.

Ria mengaku baru sekali ini hadir di sidang Jessica. Ambisinya untuk hadir langsung ke ruang sidang lantaran ingin menghilangkan rasa penasarannya. “Mau lihat Jessica langsung. Lagipula kalau nonton di TV nggak enak, banyak dipotong iklan,” ucapnya.

Pengalaman Ria melihat langsung sidang Jessica itu, diakuinya akan menjadi bahan cerita ke teman-temannya. “Setiap hari di tempat saya selalu bicarain Jessica. Makanya kalau ada sidang, saya selalu nonton. Ya, walaupun saya nggak ngerti (pokok perkara sidang). Yang penting nggak ketinggalan…(menggosip),” kata Ria sambil tertawa.

Berbeda dengan Ria, mahasiswi fakultas hukum salah satu universitas di Jakarta bernama Dwi, mengaku sengaja hadir di ruang sidang karena tertarik dengan materi sidang. Sidang Jessica menjadi ajang penelitian dan pembelajaran berharga baginya. “Banyak ilmu yang didapat di sini,” ungkapnya.