5 Cara Mendeteksi Kamera Tersembunyi di Toilet Umum

Gadis Abdul diperbarui 05 Sep 2016, 14:14 WIB

Fimela.com, Jakarta Heboh video pengakuan seorang pegawai toko Tian Liong Fatmawati yang menaruh kamera di toilet umum kini masih menjadi perbincangan yang hangat di dunia maya. Bagaimana tidak, hal ini tentu saja dapat merugikan si pengguna toilet, meskipun hasil rekaman tersebut untuk konsumsi si pelaku sendiri atau nantinya akan di sebar luaskan.

Tak heran jika video tersebut kini mulai meresahkan warga, terutama untuk kaum perempuan. “Wah benar-benar kurang ajar orang ini,” tulis komentar pemilik akun Loretta Dya dalam sebuah video pengakuan pegawai toko yang kini tersebar di media sosial Facebook.

“Laporin aja ke polisi. Heran aku apa juga tujuannya?” tulis komentar Kholina Em. Tentunya kejadian seperti ini tidak diinginkan oleh siapapun juga, tapi untuk sekadar berhati-hati ada baiknya sebelum menggunakan toilet umum, beberapa hal ini harus kamu lakukan.

1. Sebelum menggunakan toilet umum, ada baiknya kamu melihat atap atau langit-langit toilet umum yang akan digunakan. Apakah ada sesuatu yang aneh?

2. Ingat teknologi kamera sekarang semakin canggih, bentuknya bisa beragam, bahkan ada yang menyerupai pulpen atau benda-benda kecil lainnya. Jadi pastikan bahwa di dalam toilet tidak ada benda-benda mencurigakan.

3. Untuk melihat kamera tersembunyi, kamu bisa membiarkan toilet atau ruang yang akan kamu deteksi itu dalam keadaan gelap, lalu arahkan kamera ponsel kamu ke seluruh ruangan. Ketika ada titik merah di temukan, maka itu artinya di ruangan tersebut ada kamera tersembunyi di dalamnya.

4. Gunakan telinga kamu untuk mendengar kamera kecil yang biasanya bersensor gerakan yang menghasilkan suara klik atau berdengung ketika sedang dioperasikan.

5. Jika kamu menemukan alat yang mencurigakan atau handphone yang ditaruh dalam keadaan menyala, maka jangan ragu untuk panggil petugas. Jangan pindahkan atau mematikan kamera ataupun mikrofon. Berpura-puralah seperti kamu belum menyadari adanya kamera, karena nantinya barang-barang tersebut bisa kamu gunakan untuk menjadi barang bukti.

What's On Fimela