Meninggal, Ini Cita-Cita Terakhir Istri Bung Tomo

Asnida Riani diperbarui 02 Sep 2016, 08:14 WIB

Fimela.com, Jakarta Menghembuskan napas terakhir pada Rabu (31/8) pukul 01.42 WIB, Sulistina Sutomo meninggalkan sederet keteladanan, juga cita-cita yang belum terwujud. Menurut laporan Liputan6.commembangun museum perdamaian dunia adalah angan Sulistina yang belum sempat jadi nyata.

Anak kandung Sulistina, Bambang Sulistomo menuturkan, sang ibu sudah melaporkan cita-cita tersebut pada Gubernur Jawa Timur Soekarwo. "Ibu itu ingin membuat semacam museum peradaban bangsa bahwa bangsa ini pernah besar. Bangsa ini pernah jaya, yaitu zaman Majapahit. Dan, Ibu membuat namanya museum dunia Surya Majapahit. Tempatnya di Trowulan, Mojokerto," tutur Bambang usai prosesi pemakaman di TPU Ngagel Rejo, Surabaya, Rabu (31/8), kepada Liputan6.com.

Bambang menuturkan, ibunya telah berulang kali datang ke Trowulan dan masyarakat di sana juga menunggu hasilnya. "Saat ini hanya proses bagaimana teknis administrasinya dan mudah-mudahan Pakde Karwo bisa membantu," ucap Bambang.

Menanggapi keinginan Lies, panggilan akrab Sulistina, Gubernur Jatim Soekarwo mengatakan pihaknya akan mewujudkan keinginan almarhumah sebelum meninggal, yakni mendirikan Taman Perdamaian di Trowulan, Mojokerto.

"Jadi kami sudah cek dan memang tinggal izin di Perhutani. Dan itu ide yang luar biasa. Ada tiga yayasan yang semua berpikir tentang Majapahit. Salah satu yang terdepan adalah yayasan Surya Majapahit," tuturnya, seperti dimuat Liputan6.com.

Soekarwo mengaku terakhir bertemu dengan istri Bung Tomo itu, yakni ketika menikahkan putri bungsunya, Kartika, pada Maret 2016. Bahkan, saat itu, Sulistina juga jadi saksi akad nikah putrinya.

What's On Fimela