Behind The Scene, Lingua Kaget Jalani Rekaman Setelah 16 Tahun Vakum

Sutikno diperbarui 26 Jul 2016, 07:35 WIB
Lingua terakhir mengeluarkan album pada tahun 1998, grup ini digawangi oleh Frans Mohede, Amara, dan Arie Widiawan. Kini, Lingua sedang menggarap video klip teranyar mereka berjudul 'Mampu Bertahan'. (Galih W. Satria/Bintang.com)
Penggarapan video klip masih dipercayakan pada Rizal Mantovani. Seperti video klip yang sempat populer berjudul Bila Kuingat yang dipopulerkannya. Video klip karya Rizal tersebut menjadi satu karya yang memorable. (Galih W. Satria/Bintang.com)
"Ini sekarang lagi syuting video klip Mampu Bertahan. Ini single kedua untuk album ketiga Lingua. Ini juga akan jadi judul album. Akan rilis berbarengan dengan rilis album," ujar Frans Mohede. (Galih W. Satria/Bintang.com)
Frans menambahkan, bahwa kerja sama dengan Rizal Mantovani sejak tahun 1996. Tahun itu menggarap dua video klip. Dan pada tahun 1998, juga menggarap dua. (Galih W. Satria/Bintang.com)
Lingua selalu ingin berbeda konsep setiap karyanya. Lingua yang mempersembahkan musik dari hati ini berharap musik maupun video klip menjadi memoriable. (Galih W. Satria/Bintang.com)
Setelah 16 tahun vakum, para personel Lingua sempat kaget dengan prosesnya saat ini. Berbeda dengan masa keemasan saat itu yang masih banya menggunakan cara-cara analog. (Galih W. Satria/Bintang.com)
"Kami kaget sekarang metode rekaman lebih gampang dibanding dulu. Kami pernah masuk di era di mana mau rekaman tuh susah, pakai analog kan," kata Frans Mohede di kawasan Kebagusan, Jakarta Selatan, Minggu (24/7) malam. (Galih W. Satria/Bintang.com)