ICS, Sekumpulan Penakluk Ular Kobra

Dadan Eka Permana diperbarui 15 Mei 2016, 16:16 WIB

Fimela.com, Jakarta Banyak yang takut dengan ular kobra lantaran bisanya yang mematikan. Tapi kumpulan orang-orang ini, tidak. Mereka justru menjadikan ular kobra sebagai 'teman bermain'. Adalah ICS (Indonesia Cobra Show), wadah yang mengumpulkan orang-orang yang tidak takut dengan reptil, khususnya ular kobra. Setiap anggota dibekali ilmu cara menjinakan ular berbisa.

ICS yang berdiri pada tahun 2010 ini digagas oleh Indra 'Kobra' memiliki visi untuk mengedukasi masyarakat Indonesia tentang reptil secara umum dan ular secara khusus lewat sebuah pertunjukan secara profesional.

Sedangkan misi dari ICS adalah aktif dalam kegiatan sosialisasi. Sehingga menimbulkan kecintaan masyarakat terhadap binatang reptil. "Kami punya motto entertainment, Education, dan Experience," kata Ketua Umum ICS, Indra 'Kobra'.

Sebagai sarana edukasi dan berbagi informasi tentang ular kobra yang selama ini dikenal sebagai ular berbisa mematikan adalah dengan melakukan atraksi.Di setiap pertunjukan, ada MC yang menjelaskan, jenis kobra dan cara penanganannya jika terpaksa berhadapan dengan kobra.

"Dalam setiap program kerja kami,kami akan selalu berusaha berinteraksi secara langsung dengan masyarakat sehingga masyarakat yang awam dengan reptil khususnya ular mendapatkan pengalaman berinteraksi langsung dengan kami. Sehingga paradigma yang berlebihan tentang reptil terutama ular dapat diluruskan," ucapnya.

Selama melakukan atraksi dengan ular kobra, Indra mengaku sering terkena gigitan kobra. Namun beberapa kali juga ia terselamatkan. Sebab ia memiliki ramuan penangkalnya. "Meski punya penangkalnya. Tetap harus ke rumah sakit untuk menjalani perawatan lebih lanjut," kata Indra.