6 Jenis Olahan Nasi yang Sanggup Bikin Kamu Lapar Seketika

Floria Zulvi diperbarui 04 Apr 2016, 09:14 WIB

Fimela.com, Jakarta Siapa yang tak menyukai nasi? Sebagian orang Indonesia mengatakan bahwa ia belum makan bila belum menyantap hidangan yang satu ini. Padahal, mungkin saja sedari tadi mereka sudah makan santapan yang mengandung karbohidrat.

Meski hanya miliki satu bentuk, ternyata nasi juga miliki varian yang unik. Tak hanya soal rasa, warna yang disuguhkan pun beragam. Hal tersebut bisa disesuaikan dengan tema acaranya. Yuk, lihat 6 jenis olahan nasi yang merajai hati masyarakat Indonesia!

Nasi Ulam. Nasi ini dicampur dengan bumbu dan rempah sehingga miliki rasa gurih yang sedap ketika di santap. Terkenal di masyarakat Melayu, makanan ini sering kali muncul di acara tradisional. Nasi ulam biasanya dipasangkan dengan perkedel acang dan sambal.

Nasi Lemak. Hidangan ini mencampurkan nasi dengan santan dan daun pandan. Mirip dengan nasi uduk, namun rasanya tetap berbeda. Makanan khas Malaysia ini biasanya dimakan dengan ayam goreng, ikan asin dan sambal.

Nasi Uduk. Nah, kalau ini sih makanan khas Betawi! Nikmat disantap saat pagi, banyak sekali yang melahap nasi uduk dengan tempe atau tahu goreng tepung beserta sambal. Jangan lupakan sambal kacang yang akan menambah sedap makananmu.

Nasi Goreng. Setiap negara pasti miliki ragam nasi goreng sendiri. Indonesia pun tak kalah dalam melakukan inovasi pada hidangan ini. Jangan remehkan kelezatan nasi goreng sosis hingga nasi goreng kambing yang sanggup goyangkan lidahmu.

Nasi Kuning. Biasa disebut dengan nasi kunyit, hidangan ini sering kali disajikan kala upacara adat atau acara keluarga. Biasa disajikan dengan perkedel, ayam, kentang, tempe dan juga ketimun, nasi kuning pun dibentuk sedemikian rupa agar terlihat menarik.

Nasi Tim. Terkenal juga dengan sebutan nasi yang disteam, hidangan ini ternyata hasil perpaduan antara budaya Indonesia dan China. Biasanya, makanan ini dihidangkan dengan ayam dan juga jamur.