Dapat Uang Dadakan? Kamu Bisa Alokasikan di 3 Tempat Ini

Karla Farhana diperbarui 30 Mar 2016, 16:14 WIB

Fimela.com, Jakarta Uang yang masuk setiap bulan tentunya sudah kamu alokasikan di beberapa tempat agar aman. Ada yang masuk ke tabungan, uang jaga-jaga, investasi, dan ongkos serta biaya hidup. Mengatur uang bulanan memang mudah karena uang tersebut datang secara rutin. Pada waktu yang sama, dan jumlah yang sama. 

Tapi, apa yang harus kamu lakukan kalau tiba-tiba ada pemasukan lain di luar gaji? Banyak orang bingung bagaimana cara mengalokasikannya. Karena, uang tersebut kadang 'datang,' kadang tidak. Tapi kamu tidak usah khawatir, ada tiga tempat yang bisa kamu pilih untuk menyimpan uang dadakan tersebut. 

Investasi. Tak perlu pikir panjang, uang dadakan adalah rezeki yang harus kamu syukuri. Karena itu, jangan langsung kamu habiskan untuk membeli barang dan makanan. Gabungkan dengan uang yang sudah kamu alokasikan untuk investasi. Semoga, rezeki ini nantinya akan semakin membesar seiring berjalannya waktu. 

Ditabung. Mungkin, memasukkan uang tambahan ke dalam investasi agak repot. Kamu harus menghubungi pihak bank atau manajer investasi. Kalau begitu, kamu bisa masukkan ke dalam rekening tabunganmu. 

Dipecah. Kamu juga bisa memecahnya dan membagi ke beberapa wadah. Misalnya, 30% untuk investasi, 10% tabungan, dan sisanya bisa kamu gunakan untuk keperluan bisnis. Atau bisa juga untuk membayar tagihan dan utang. 

What's On Fimela