Resep 90-an : Wedang Bajigur

Floria Zulvi diperbarui 04 Feb 2016, 18:14 WIB

Fimela.com, Jakarta Hujan seakan tiada hentinya mengguyur. Melihat matahari pagi, akhir-akhir ini bisa dibilang kejadian langka. Bila pun kamu miliki kesempatan untuk menatap sang surya, mungkin hanya sebentar saja. Karena, beberapa waktu kemudian terkadang awan sudah mulai menutupi sinarnya.

Hal yang menyebalkan ketika hujan turun kala malam hari. Mungkin rasanya nikmat bila kamu sudah bersiap di bantal dan tempat tidur untuk membenamkan diri. Namun, bagaimana rasa dingin yang menusuk tulang terkadang menyebalkan ketika kamu masih harus mengerjakan tugas di rumah?

Tak perlu khawatir karena Bintang.com datang dengan solusi. Kamu bisa membuat Bajigur untuk menghangatkan tubuh kala hujan. Minuman khas tanah Sunda ini pun terkenal di tahun 90-an. Yuk, simak cara pembuatannya!

Kamu membutuhkan :

1 1/2 liter santan dari 1 butir kelapa muda
150 gr gula merah yang disisir halus
25 gr gula pasir
150 gr jahe bakar
5 cm batang kayu manis
2 lembar daun pandan, simpulkan
1/2 sdt garam
1 sdm kopi bubuk

Cara membuatnya :

Langkah awal, masukan gula merah, gula pasir, jahe, kayu manis dan daun pandan untuk dididihkan dalam santan hingga larut. Aduknya secara perlahan ya, agar santannya tidak pecah. Setelah itu tambahkan garam serta bubuk kopi dan kembali aduk rata.

Bila sudah mendidih dan tercampur rata, diamkan sejenak agar kopinya mengendap sempurna. Setelah itu silahkan disaring. Siapkan kolang-kaling matang sesuai selera. Kamu pun bisa menambahkan kelapa mudanya dalam gelas saat disajikan. Tuanglah air bajigur ke dalam gelas yang sudah diberi isian. Sekarang, minuman hangatmu sudah jadi!

What's On Fimela