Penemuan Ular Sanca Motif Batik Gegerkan Warga Bandung

Ardini Maharani diperbarui 29 Jan 2016, 23:14 WIB

Fimela.com, Jakarta Ular menjadi salah satu hewan yang ditakuti oleh banyak orang, jangankan ular berukuran besar yang berukuran sebesar jari saja mungkin anda pun belum berani menyentuhnya. Dibandingkan dengan hewan reptil jenis lainnya seperti kadal, ular lebih ditakuti karena memiliki racun mematikan dan mampu menelan utuh mangsanya.

Ular besar ditemukan di hutan itu sudah biasa terjadi, namun apabila ditemukan dekat dengan pemukiman penduduk itu baru kejadian mengemparkan seperti yang dialami oleh warga daerah Cicalengka Bandung yang menemukan ular raksasa jenis sanca bermotif batik dengan panjang 4 meter, diameter 15 cm dan diperkirakan berbobot mencapai 15 kilogram.

Kronologi Penemuan Ular Sanca Motif Batik Di Cicalengka

Penemuan ular sanca berukuran besar di Cicalengka berawal ketika Muhammad Eci (60 tahun) sedang berjalan jalan di area persawahan pada malam pukul 21.00 hari senin tanggal 2 November 2015. Saat berjalan dekat saluran irigasi, tidak sengaja menginjak sesuatu dan saat disenter ternyata seekor ular besar.

Muhammad Eci pun lantas melapor ke menantunya, Rusana (40 tahun) soal penemuan ular sanca tersebut. Dengan cepat berita ini diketahui oleh warga sekitar dan membuat geger masyarakat kampung Margaasih, kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung.

Ular Sanca bermotif batik dengan panjang mencapai 4 meter tersebut akhirnya diamankan warga dan dimasukkan kedalam kandang yang terbuat dari kawat. Untuk menghindari terjadi hal hal yang tidak diinginkan, warga akhirnya menutup mata dan mulut ular dengan kain.

Diketahui sanca merupakan jenis ular yang banyak tersebar di kawasan Afrika, Asia hingga Australia. Diseluruh dunia terdapat 40 jenis spesies dimana sebagian besar tidak memiliki bisa beracun.

Ular Sanca membunuh mangsa dengan cara melilitkan badannya dengan sangat kuat sehingga meremukkan tulang rusuk mangsa yang umum berupa tikus, kelinci hingga kambing. Sanca juga dapat hidup dalam waktu lama hingga tidak heran apabila ular ini dapat mencapai ukuran tubuh sangat besar dan panjang.

Demikianlah informasi mengenai penemuan ular sanca di kabupaten Bandung berserta penjelasan umumnya. Semoga bermanfaat bagi setiap pembaca. (M. Sufyan)