Tanpa Tio Pakusadewo, Film Surat dari Praha Tak Ada Artinya

Syaiful Bahri diperbarui 26 Jan 2016, 17:56 WIB

Fimela.com, Jakarta Sutradara film Angga Dwimas Sasongko mengaku sempat berniat membatalkan membuat film Surat dari Praha jika sang aktor Tio Pakusadewo yang ia pilih menolak ikut serta sebagai pemeran di film tersebut. Beruntung Tio bersedia menjadi pemain utama film ini.

"Ya, dari awal saya menyiapkan karakter ini untuk Om Tio. Tidak ada yang namanya second choice. Kalau dia tidak mau, film tidak akan dibikin," tegas Angga Dwimas Sasongko saat ditemui di Epicentrum, Jakarta Selatan, Senin (25/1/2016).

Angga mengaku tak tahu alasannya memilih Tio Pakusadewo, baginya film yang ia garap harus ada sosok Tio Pakusadewo. "Nggak ada alasannya buat memilih Tio. Mungkin kasusnya sama seperti Steven Spielberg, dia gak akan bikin LINCOLN kalau aktornya bukan Daniel Day Lewis," tambahnya.

Demi keinginannya tersebut, Angga beserta sang istri rela terbang jauh-jauh ke Singapura, tempat kediaman Tio Pakusadewo. "Saat itu, memang nggak ada proses casting untuk semua pemainnya. Saya sama Anggia (istri) waktu itu datangi om Tio di Singapura. Syukurnya dia mau," jelasnya.

 

Surat Dari Praha, menceritakan tentang Larasati (Julie Estelle), ia berusaha mengantarkan sepucuk surat dari Sulastri (Widyawati) untuk Jaya (Tyo Pakusadewo), seorang mahasiswa ikatan dinas yang menetap di Praha karena kewarganegaraannya hilang lantaran menolak Orde Baru kala itu.

Film Surat Dari Praha dibintangi Julie Estelle, Tio Pakusadewo, Widyawati, Chicco Jerikho, Rio Dewanto, Safira Umm. Film ini akan dirilis pada 28 Januari 2016.

What's On Fimela