7 Tempat di London yang Bisa Dinikmati dengan Gratis

Asnida Riani diperbarui 02 Des 2015, 21:28 WIB

Fimela.com, Jakarta Mahal jadi satu kata yang selalu lekat dengan perjalanan ke London. Padahal, terlepas dari semua biaya akomodasi dan visa, ibu kota Inggris ini pun bisa jadi satu destinasi kala melakoni travel on a budget. Di samping berburu sederet tiket promo, traveling hemat di London kian ditunjang dengan destinasi-destinasi yang bisa dinikmati dengan gratis.

Ya, tempat yang kerap dijadikan atraksi turis ini bisa dijelajah tanpa mengeluarkan biaya sama sekali, tanpa mengurangi pesonanya. Supaya tak salah menyusun agenda di trip ke London, jangan sampai tak memasukkan deretan tempat memesona tanpa biaya ini ke dalam itinerary.

Borough Market. Meski "kemasannya" berupa pasar, namun beberapa kota besar Eropa kerap memberlakukan tiket masuk di sederet pusat perbelanjaan berperiode, seperti Borough Market ini. Jadi tempat terbaik untuk berburu makanan lokal, pasar yang sudah ada sejak abad ke-13 ini buka setiap Kamis hingga Sabtu.

Gedung Parlemen. "Rumah" bagi Big Ben ini jadi bangunan paling ikonis di London. Tak hanya punya peran penting, Houses of Parliament pun memukau karena berarsitektur gotik khas Eropa. Sudah berdiri sejak pertengahan abad ke-19, gedung ini tetap gagah berdiri seakan menundang siapapun untuk segera menikmati pesonanya.

Sir John Soane's Museum. Bangunan awal abad ke-19 ini banyak menimbulkan rasa ingin tahu. Baik terkait arsitektur maupun filosofi yang ada di tiap penataan ruang. Karenanya, tak heran kalau museum ini disebut-sebut sebagai bangunan paling menarik se-London. Bangunan yang terbengkalai setelah sang pemilik, Soane, meninggal di tahun 1837 ini sebaiknya dikunjungi pada Selasa pertama di setiap bulan kala cahaya lilin memenuhi hampir di setiap ruangan.

St. Paul's Church. Jangan sampai salah menyamakan tempat ini dengan St Paul's Cathedral. Gereja yang berada di bagian barat Covent Garden Piazza ini adalah tempat di mana Punch dan Judy melakukan pertunjukan pertama di tahun 1662. Charlie Caplin dan Vivien Leigh adalah nama-nama lain yang pernah mengisi pertunjukkan di bangunan yang sekarang jadi "gereja aktor" ini.

Tate Britain. Punya tata ruang dan desain bangunan unik, Tate Britain ternyata bisa dikunjungi secara gratis. Hasil karya luar biasa dari seniman asal Britania Raya dalam rentang abad ke-16 hingga 20 ada di sini. Melakoni tur tematik selama satu jam dan berbicara dengan pelukis selama 15 menit adalah sedikit kegiatan seru yang bisa dilakukan di Tate Britain.

Whitechapel Gallery. Tempat di mana terdapat 10 galeri seni nouveau ini dibuka untuk kali pertama pada 1899. Whitecapel adalah gedung yang menyimpan karya seniman dari berbagai aliran. Picasso's Guernica jadi satu karya yang pertama kali dipamerkan di sini pada 1939. Menikmati lantunan musik, membaca buku, dan menonton film di hari Kamis jadi sederet aktivitas yang bisa dilakukan di Whitecapel.

Temple Church. Tempat yang banyak dikenal lewat salah satu scene film Da Vinci Code ini adalah bangunan yang sudah ada sejak abad ke-12. Bagi beberapa pelancong, tempat ini masuk dalam daftar-wajib-kunjung di London. Bangunan kuno dengan artistktur menawan ini memang membuat perjalanan ke tanah Britania Raya terasa lebih orisinal.

What's On Fimela