Alasan Kenapa Ada Lubang Kecil di Jendela Pesawat Terbang

Asnida Riani diperbarui 02 Nov 2015, 10:40 WIB

Fimela.com, Jakarta Dewasa ini, pesawat terbang sudah jadi moda transportasi alternatif bagi kebanyakan pelancong. Bukan tanpa alasan, kemudahan untuk bepergian kian gamblang terasa apabila menempuh perjalanan udara. Juga, sekarang sudah banyak promo tiket pesawat terbang yang membuatnya jadi terjangkau bagi beberapa kalangan.

Berada di pesawat terbang, beberapa orang mungkin memilih duduk di aisle seat ketika sebagian lain malah asyik duduk di dekat jendela kecil yang ada di sepanjang tubuh pesawat terbang. Pemandangan ketinggian yang begitu menggoda jadi alasan bagi mereka yang ingin duduk tepat di samping jendela. Namun, pernah tidak kamu perhatikan lubang kecil yang ada di kaca jendela?

Tak berukuran besar membuat lubang ini seakan kasat mata bagi penumpang pesawat terbang. Tapi, peran lubang kecil ini ternyata penting. Secara resmi, lubang kecil ini dinamakan sebagai "lubang istirahat", gunanya untuk mengatur jumlah tekanan yang melintas di antara jendela bagian dalam dan luar.

Secara singkat, sistem ini memastikan kalau tekanan di luar punya beban yang lebih besar dibandingkan dengan sisi jendela yang ada di dalam pesawat terbang. Jadi, lubang kecil itu memastikan kalau kamu masih bisa bernapas ketika berada sekian meter dari tanah. Kecil, namun ternyata lubang di jendela pesawat terbang bisa jadi satu mekanisme yang mendukung perjalanan udara yang kamu lakoni.