Pak Raden, Perjalanan Hidup Pencipta Si Unyil

Komarudin diperbarui 31 Okt 2015, 01:30 WIB

Fimela.com, Jakarta Dunia hiburan kembali berduka. Pemeran Pak Raden dalam serial Si Unyil meninggal dunia di RS Pelni, Petamburan, Jakarta Barat, Jumat (30/10/2015) malam. Pemilik nama Suyadi itu menghembuskan napas terakhir dalam usia 82 tahun.

Suyadi lahir di Puger, Jawa Timur, 28 November 1932. Bakatnya dalam dunia lukis sudah terlihat sejak masih kanak-kanak. Seluruh tembok dan lantai rumahnya menjadi media untuk mengekspresikan bakatnya.

Kegemarannya menggambar mengantarkan Suyadi ke Jurusan Seni Rupa di Institut Teknologi Bandung (ITB). Saat masih berstatus mahasiswa ia sudah menghasilkan berbagai karya seni, berupa buku cerita anak bergambar dan film pendek animasi. Ia menempuhnya sejak 1952-1960. Lalu, ia melanjutkan studi animasi ke Prancis sejak 1961-1964.

Dari situlah makin jelas terlihat paduan antara bakat dan hasrat Suyadi aktif dalam dunia seni. Nama Suyadi justru seperti menghilang begitu ia tampil dalam serial Si Unyil. Ia lebih dikenal dengan nama Pak Raden. Sosok lelaki yang selalu memakai blangkon, memiliki kumis tebal dan alis melengkung.

Kehadiran Suyadi sebagai Pak Raden laksana pemberi'nyawa' hingga tokoh Unyil dan kawan-kawan masih tetap dikenang banyak orang hingga sekarang.  Selamat jalan Pak Raden!

What's On Fimela