7 Hal Menakjubkan yang Terjadi Saat Kamu Minum Kopi Tiap Hari

Febriyani Frisca diperbarui 27 Okt 2015, 14:40 WIB

Fimela.com, Jakarta Kopi merupakan salah satu menu minuman yang kerap dipilih orang-orang untuk mengawali hari mereka. Bagi beberapa orang, belum afdal rasanya jika bangun tidur belum menyeruput secangkir gelas. Minuman yang terbuat dari biji-bijian ini nggak hanya bisa menghilangkan rasa kantuk bagi siapa saja yang mengonsumsinya. Namun, juga memberikan efek baik pada kesehatan tubuh.

Banyak penelitian ilmiah yang menunjukkan kalau kandungan kafein dan lainnya bisa memberikan kebaikan pada setiap yang menyeruputnya. Terlebih jika kopi dikonsumsi setiap hari. Lalu, manfaat apa saja yang bisa didapat jika kopi dikonsumsi setiap hari? Berikut ulasannya. 

1. Meningkatkan kinerja olahraga. Kopi bisa menggantikan suplemen yang kamu konsumsi untuk meningkatkan kinerja olahragamu. Secara organik, kamu akan menerima kafein yang mampu meningkatkan jumlah asam lemak dalam darah yang memungkinkan otot-otot menyerap dan membakar lemak. Secara otomatis, tubuh juga bisa menyimpan cadangan kecil dari karbohidrat dan meningkatkan kinerja olahragamu.

2. Menekan risiko terserang diabetes tipe 2. Merujuk pada studi yang dilakukan oleh The American Chemical Society, minum 4 cangkir kopi perhari bisa menekan risiko Dibetes tipe 2 sebanyak 50 persen. Selanjutnya, risiko akan berkurang 7 persen setelah meminum satu cangkir selanjutnya.

3. Meningkatkan neurotransmitter di otak. Kopi merangsang produksi serotonin, dopamin, dan noradrenalin yang dapat mengatur suasana hati alias mood dan fungsi kognitif pada otak. Peningkatan stimulasi neurotransmiter juga menjadi alasan mengapa minum 2-4 cangkir kopi dapat mengurangi risiko bunuh diri pada pria dan wanita.

4. Menekan risiko kanker kulit. Meskipun nggak ada cara pasti untuk melindungi kulit dari kanker, tapi peneliti di the Brigham and Women’s Center dan Harvard University menemukan bahwa perempuan yang minum 3 cangkir perhari cenderung menekan perkembangan kanker kulit daripada perempuan yang nggak minum kopi sama sekali.

5. Bikin kamu jadi cerdas dan efisien dalam mengambil keputusan. Kopi nggak hanya sebagai minuman penggembira. Lebih dari itu, kopi juga bis amengasah otakmu untuk membuat keputusan yang lebih cerdas dan efisien. Kopi juga membantu kopi juga membantu otak tetap sehat. Studi di University of South Florida dan University of Miami menemukan bahwa konsumsi kopi mengurangi risiko dari dan atau menunda timbulnya Alzheimer.

6. Kamu bisa mengurangi rasa stres hanya dengan bau kopi saja. Stres bisa disebabkan karena apa saja. Menurut Seoul National University, kamu bisa mengurangi bebab pikiran hanya dengan menghirup aroma kopi segar di pagi hari. Wow!

7. Lebih bahagia. Penelitian menunjukkan bahwa peminum kopi 10 persen lebih mungkin terhindar dari depresi daripada yang nggak pernah minum kopi. Kopi juga membuat kamu merasa lebih baik karena kaya akan antioksidan. Tubuh mampu menyerap lebih banyak antioksidan dari kopi daripada buah-buahan dan sayuran lainnya. Sehingga tubuh lebih terjaga dari penyakit.

Let's drink coffee! :D

What's On Fimela